Tips mengurus Perizinan Bisnis UMKM Secara Online

Sekarang, mayoritas usaha yang berkembang di Indonesia termasuk usaha micro, kecil, dan menengah atau UMKM. Tetapi, bidang usaha micro ada banyak yang belum mempunyai Ijin Usaha Micro Kecil (IUMK). Salah satunya factornya ialah kurangnya pengetahuan warga mengenai keutamaan membuat ijin usaha UMKM dan langkah membuat ijin itu.

Tahukah kamu jika pembikinan ijin usaha UMKM bisa memberi beragam faedah untuk satu usaha? Maka dari itu, ini benar-benar disarankan dan perlu jadi satu pemikiran oleh semua aktor usaha micro.

Karena itu, kamu harus tahu langkah pembikinannya jika kamu sebagai seorang pebisnis. Bagaimanakah cara membuat ijin usaha UMKM? Kenali triknya di artikel OY! berikut!

 

Ingin Bangun Usaha Kecil? Dalami Langkah Membuat Ijin Usaha UMKM Ditambah Dulu!

Untuk beberapa calon pebisnis yang tertarik membuat usaha kecil, ada satu poin utama yang perlu kamu kerjakan. Hal itu ialah membuat ijin usaha UMKM.

Pembikinan ijin usaha UMKM sebagai hal yang harus dilaksanakan oleh semua aktor UMKM karena jumlahnya faedah yang bisa didapat. Menurut Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia (KemenkopUKM), aktor usaha micro yang sudah membuat ijin mempunyai kejelasan hukum yang terang dan berpeluang untuk memperoleh sarana atau kontribusi dari pemerintahan. Memberikan keuntungan sekali, kan?

 

Ijin usaha UMKM yang berjalan di Indonesia kerap disebutkan IUMK. Apakah itu IUMK?

Apa Itu IUMK?

Ijin Usaha Micro Kecil (IUMK) ialah pertanda validitas berwujud surat ijin usaha yang dikasih ke aktor usaha bertaraf micro dan kecil. Selainnya untuk kejelasan hukum, IUMK menjadi fasilitas pendayagunaan aktor usaha.

Sama seperti yang sudah diterangkan di atas, pemilik ijin usaha UMKM atau IUMK akan memperoleh pengiringan untuk peningkatan usaha dari pemda dan/atau instansi yang lain. Kontribusi itu berbentuk pencatatan, saranai akses pendanaan, pengokohan kelembagaan, pembimbingan dan pengiringan tuntunan tehnis. Disamping itu, pemerintahan akan menolong mendapatkan kejelasan dan pelindungan dalam usaha di lokasi yang sudah diputuskan dan meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha.

Tidak perlu cemas, pembikinan surat IUMK tidak diambil ongkos sama sekalipun. Ongkos itu ditanggung ke Bujet Penghasilan dan Berbelanja Negara (APBN) dan/atau Bujet Penghasilan dan Berbelanja Wilayah (APBD).

Seterusnya, silahkan kita ulas mengenai langkah membuat ijin usaha UMKM. Baca secara lengkap pada pembahasan berikut ini!

 

Langkah Membuat Ijin Usaha UMKM: Off-line dan Online

Sesudah ketahui mengenai keutamaan membuat ijin usaha UMKM (IUMK), tahapan setelah itu ketahui langkah membuat. Sekarang ini, pembikinan IUMK bisa dilaksanakan secara off-line dan online.

Berikut langkah membuat ijin usaha UMKM atau IUMK secara off-line dan online.

 

Langkah Membuat Ijin Usaha UMKM secara Off-line

Pertama, silahkan kita ulas langkah membuat ijin usaha UMKM secara off-line. Pembikinan IUMK secara off-line atau luar jaringan (offline) bisa dilaksanakan dengan ajukan permintaan ijin di kantor kecamatan.

Pemohon ijin usaha micro kecil (IUMK) harus isi formulir dan document syarat. Kemudian, camat akan terima dan mengecek kelengkapan dan kebenaran dari formulir dan document syaratnya.

Bila document telah komplet dan betul, camat akan memberi dokumen 1 helai IUMK sebagai ijin usaha UMKM. Tetapi, jika data atau document belum juga komplet, camat akan kembalikan formulir dan document syaratnya supaya bisa diperlengkapi oleh pemohon.

 

Berikut data yang perlu diisi untuk formulir pengajuan:

– Nama

– Nomor KTP/NIK

– Nomor Telephone

– Alamat

– Aktivitas Usaha

– Fasilitas usaha yang dipakai

– Jumlah modal usaha

– Surat Pengantar dari RT/RW

– Lokasi usaha

– Foto copy KTP

– Foto copy KK

– Pas-foto warna ukuran 4×6 sekitar 2 helai

Tersebut langkah membuat IUMK secara off-line. Lantas, bagaimanakah cara membuat ijin usaha UMKM lewat cara online? Dalami triknya pada keterangan berikut ini!

 

Langkah Membuat Ijin Usaha UMKM secara Online

Selainnya sistem pembikinan ijin usaha UMKM secara off-line, aktor usaha bisa ajukan Ijin Usaha Micro Kecil (IUMK) lewat cara online lewat website Online Singgel Submission (OSS). Bagaimana triknya?

 

Tahapan pertama kali yang harus dilaksanakan oleh pemohon ialah membuat account OSS. Berikut langkah membuat account OSS:

 

Datangi atau membuka situs web OSS;

Click tombol “DAFTAR/MASUK” yang berada pada bagian kanan atas;

Isi data yang diperlukan;

Saran code Capta;

Click tombol “Daftar” yang berada pada bagian bawah.

Sesudah memperoleh pemberitahuan yang memperlihatkan jika registrasi sudah sukses dilaksanakan, check e-mail dan membuka e-mail register dari OSS, lalu pencet tombol “Pengaktifan”. Ini mengisyaratkan jika kamu telah mempunyai account OSS.

 

Seterusnya, tahapan ke-2 dalam pembikinan IUMK lewat cara online ialah pengisian data. Check e-mail klarifikasi dari OSS dan saksikan sandi yang dikirim. Tulis atau copy sandi itu dan turuti tingkatan berikut ini:

 

Membuka web OSS;

Click tombol login;

Saran alamat e-mail di bagian “username” dan sandi yang sudah disalin;

Turuti instruksi seterusnya sampai masuk ke halaman pengisian data.

Saat isi tipe atau kelompok usaha, kamu dapat menyaksikan beberapa jenis usaha dalam Kategorisasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) lebih dulu. Penyeleksian tipe usaha penting dan perlu diperhitungkan dengan matang.

 

Tahapan ke-3 dalam pembikinan ijin usaha UMKM lewat cara online ialah mengambil NIB (Nomor Induk Usaha). Untuk mengambil NIB, kamu harus:

 

Click data usaha yang sudah diperlengkapi;

Click tombol “Taruh dan Teruskan”;

Click data usaha, “Proses NIB” dan click “Teruskan”;

Click tombol “NIB” untuk mengeluarkan NIB.

IUMK bisa juga didownload dan diletakkan, loh. Triknya ialah click tombol “Bikin Ijin Usaha” untuk mengeluarkan IUMK. Pengurusan IUMK ini tidak memerlukan ongkos sepeser juga atau cuma-cuma.

 

Menurut situs UMKM Indonesia, NIB ialah “KTP-nya Pebisnis”, dan IUMK ialah “SIM-nya Pebisnis” dalam kerangka dunia usaha rasio micro dan kecil . Maka, tak perlu disangsikan keutamaan membuat NIB dan IUMK sebagai ijin usaha UMKM.

Harus dipahami jika IUMK lewat OSS syah sebagai validitas rasio nasional. Nach, aktor UMKM bisa manfaatkan IUMK lewat OSS ini pada rasio aktivitas yang diselenggarakan oleh lembaga berkaitan, misalkan Kementerian.

Membuat usaha dan pendirian pt sekarang mudah dengan jasa pendirian pt online murah terbaik Izinin. Perizinan PT tanpa ribet dan biaya terjangkau juga bisa didapatkan di jasa pembuatan pt online terlengkap dari Vorent Office Indonesia.