Tips Memulai Usaha Porang

Tips Memulai Usaha Porang di Indonesia

Budidaya porang diklaim sebagai jenis usaha yang berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Hal ini dikarenakan jumlah permintaan porang yang tinggi baik dari dalam maupun luar negeri. Lantas, bagaimana sih tips memulai usaha porang di Indoensia?

Sebelumnya kita juga telah merangkum beberapa tutorial tentang belajar Microsoft Word lengkap, mungkin perlu kamu ketahui.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Porang

Usaha budidaya porang di Indoneisa kini semakin banyak dilirik para pebisnis karena berpeluang menghasilkan omset yang tinggi. Apakah kamu ingin bergelut di dunia bisnis dengan membudidayakan porang ?  Berikut tips memulai usaha porang di Indoensia.

  • Mempelajari Syarat Bertanam Porang

Tips pertama ialah mempelajari apa saja syarat-syarat yang diperlukan untuk bertanam porang hingga menjadikan porang bisa tumbuh dengan baik. Porang dapat tumbuh subur dengan tingkat keasaman antara pH 6-7 dan tumbuh pada ketinggian 0-700 mdpl. Jangan lupa pula perhatikan kondisi lingkungan dan suhu yang tepat untuk bercocok tanam porang.

  • Menguasai Teknik Budidaya Porang

Selanjutnya adalah menguasai teknik budidaya porang agar perkembangbiakannya dapat tumbuh dengan bagus. Porang dapat dikembangbiakkan dengan biji atau buah, bintil atapun menggunakan umbi. Pilihlah salah satu dari ketiga metode tersebut yang dirasa paling mudah untuk dipraktekkan sesuai dengan sumber daya dan kemampuan pembudidaya.

  • Mempersiapkan Lahan dengan Baik

Nah, tips berikutnya ialah mempersiapkan lahan porang dengan semaksimal mungkin. Jadikanlah pohon jati atau mahoni untuk naungan dan bersihkan area lahan dari gula serta sisa tanaman lainnya. Jadikanlah 1 blok untuk setiap 4 Ha lahan dan membuat jalan pemeriksaan selebar 2 m. Jangan lupa buat lubang tanam dengan ukuran 20x20x20 cm.

  • Menanam Porang Sesuai Prosedur

Tips terakhir adalah menanam porang di lahan yang strategis dengan memperhatikan cara menanam porang dengan baik. Waktu terbaik untuk penanaman ialah saat musim hujan tiba, yakni sekitar bulan November-Desember. Masukkan bibit ke lubang tanam dengan memberi jarak 1mx1m dengan menutup lubang tanamn dengan tanah dengan ketebalan sekitar 3 cm.

Itulah dia beberapa tips memulai usaha porang di Indoensia yang bisa kamu praktekkan sekarang juga untuk meraih sukses di bidang usaha tersebut. Semoga artikel ini dapat menginspirasi ya! Jangan lupa, untuk kumpulan berita dan informasi dapat kamu akses di Sekilas Berita. Terimakasih.