Tips Cara Membasmi Rayap Secara Alami

Sebenarnya ada banyak cara untuk membasmi rayap, namun Anda tidak boleh mengandalkan obat kimia untuk membasmi rayap karena risiko kesehatan yang ditimbulkannya.

Di sisi lain, membasmi rayap secara alami dianggap lebih aman. Untuk kamu yang tinggal di rumah kayu atau yang punya banyak furnitur kayu, berikut ini beberapa tips cara membasmi rayap dengan cara alami!

1. Jangan pelit dengan ventilasi udara

Rayap cenderung menyukai tempat yang lembab dan hanya memiliki sedikit sinar matahari. Jika Anda memiliki rumah dan banyak furnitur kayu, cara pertama membasmi rayap adalah dengan memastikan ventilasi yang memadai agar sinar matahari bisa masuk ke setiap sudut rumah. Dengan begitu, furnitur kayu tidak mudah dimakan rayap.

Jika beberapa furnitur kayu sudah terlanjur diserang rayap, cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan mengeringkan furnitur di luar ruangan. Hal ini memudahkan sinar matahari langsung untuk mengusir rayap.

2. Bersihkan pekarangan dari genangan air

Rayap berkembang biak di tempat-tempat yang airnya tergenang. Cara membasmi rayap dari luar rumah adalah dengan mencegah genangan air baik di pekarangan maupun selokan.

Cara membasmi rayap ini harus dilakukan terutama pada musim hujan. Daripada memiliki banyak genangan air, ada baiknya Anda memiliki tandon air hujan seperti kolam agar lebih mudah dibersihkan. Bersihkan talang secara teratur. Selain membunuh rayap, nyamuk juga bisa dibunuh.

3. Memperbaiki keramik atau pipa yang rusak

Cara membasmi rayap yang satu ini terlihat sepele. Namun, keramik yang rusak bisa memudahkan kelembapan masuk ke dalam rumah. Ini membuat rumah lembap. Belum lagi jika rumah Anda bocor pada pipa tertentu, maka kelembapan di dalam rumah akan meningkat. Jadi jangan heran jika rayap terpikat ke rumah Anda. Karena itu, jangan anggap remeh kerusakan kecil.

Cara membasmi rayap tersebut adalah dengan memperbaiki keramik yang rusak sebelum rayap masuk dan membangun koloninya. Selain itu, cegah kemungkinan kebocoran di pipa rumah agar tidak merembes ke mana-mana. Cara membasmi rayap ini lebih baik daripada menunggu serangan rayap di rumah Anda. Tentunya akan lebih sulit membasmi rayap berukuran besar dan memakan furnitur di rumah kita.

4. Tutup retakan di setiap sisi rumah

Hal terpenting bagi Anda yang memiliki rumah adalah dengan rutin melakukan pengecekan kondisi rumah. Kita tidak akan pernah melihat celah jika tidak diperiksa dengan cermat. Retakan yang terjadi bisa menjadi cara rayap untuk menyerbu rumah sehingga kita kewalahan untuk mencari cara membasmi rayap setelah koloni rayap terbentuk. Jadi perhatikan baik-baik sisi rumah Anda.

Jika ada retakan atau sobekan, segera tutup. Biasanya retakan ini bisa ditutup dengan bantuan semen putih yang cukup mudah didapat. Anda juga dapat meminta pembangun untuk menutupnya. Ini akan melindungi rumah Anda dari serangan rayap.

5. Hindari menyentuh dinding kayu dengan lantai

Jika Anda memiliki rumah dengan bangunan yang menggunakan material kayu, selalu perhatikan jarak antara kayu dan material lantainya. Cara ini berguna untuk membasmi rayap tanah yang biasa menyerang bangunan dengan media kayu.

Selain itu, jika material kayu yang digunakan merupakan kayu olahan yang tidak tepat, maka dengan mudah dapat mengumpulkan kelembaban. Kondisi ini sangat digemari rayap. Rayap memiliki cukup makanan dan suhu yang baik. Membasmi rayap dengan menghindari kontak langsung antara tanah dan kayu sangat efektif karena menghalangi rayap untuk mencapai rumah Anda.

6. Keringkan furnitur kayu untuk membasmi rayap kayu

Cara membasmi rayap yang gemar memakan kayu adalah dengan menjaga agar bahan tidak lembap. Furnitur kayu Anda perlu dijemur secara teratur di bawah sinar matahari. Pastikan Anda mengeringkan furnitur dalam waktu yang lama agar tidak ada sisi furnitur yang terlalu lembap.

Cara membasmi rayap ini lebih efektif untuk rayap kayu jenis ini. Selain itu, gunakan pernis pada furnitur Anda secara teratur untuk menjaga kelembapan. Sebagai pencegahan, sisakan ruang antara furnitur kayu dan dinding agar tidak memancing rayap masuk ke celah-celah dinding untuk mendekati furnitur.

Lagi butuh jasa anti rayap bandung? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.