Tips Belanja Saat Menyambut Tahun Baru Imlek

Hari raya Imlek adalah hari raya yang paling ditunggu oleh warga Tionghoa di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Imlek ibarat lebaran bagi warga Tionghoa. Sehingga perayaannya pun akan dilaksanakan secara meriah terutama di beberapa kota besar di Indonesia.

Layaknya sebuah perayaan besar, Imlek menjadi momen bagi siapapun untuk berbelanja berbagai kebutuhan seperti makanan, dekorasi rumah berbau Imlek hingga hadiah. Tak terkecuali memberikan angpao kepada saudara, kerabat yang belum menikah.

Namun, pada saat kondisi pandemi seperti saat ini, kemeriahan imlek mungkin tidak akan berlangsung seperti biasanya. Masih banyak orang yang harus berusaha untuk memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-hari. Agar keuangan tetap aman saat merayakan Imlek ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Terlebih jika kamu menggunakan layanan pinjaman online cepat cair cukup ktp untuk kebutuhan Imlek.

1. Pilih belanja secara online 

Demi mengikuti protokol kesehatan di masa pandemi, ada baiknya memilih belanja secara online. Selain lebih aman, kini banyak juga pedagang makanan pokok maupun toko grosir yang melayani pembelian secara online di beberapa marketplace.

Keuntungannya bisa menghemat energi karena tidak perlu keluar rumah atau menggunakan kendaraan. Semua belanjaan akan dikirimkan sesuai dengan pilihan paket pengiriman. Ada opsi pengiriman di hari yang sama atau di hari berikutnya. Jadi lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan.

Kamu bisa belanja bayar kemudian dengan menggunakan Kredivo tanpa bunga sama sekali. Bisa belanja di Tokopedia, Bukalapak, dan beberapa merchant lainnya yang sudah bermitra dengan Kredivo. Belanja sayur dan kebutuhan pokok kini jadi makin mudah dan praktis karena barang bisa langsung dikirim ke rumah dan pemesanan bisa langsung dari handphone saja.

2. Pastikan memenuhi kebutuhan pokok lebih dulu

Saat lebaran Imlek di masa pandemi sekalipun tetap harus mengutamakan kebutuhan pokok dibandingkan dengan kebutuhan tersier. Jika punya keinginan selain kebutuhan pokok sebaiknya ditunda terlebih dahulu sampai kondisi pandemi mereda sehingga ekonomi mulai berangsur-angsur pulih.

Beberapa kebutuhan pokok harian seperti beras, minyak goreng, gula, tepung, dan makanan lainnya. Jangan lupa juga menyediakan vitamin dan suplemen agar bisa membantu kondisi tubuh tetap fit dan imun terjaga selama kondisi pandemi.

3. Catat semua pengeluaran

Belanja online maupun offline tetap harus ada pencatatan pengeluaran. Kadang-kadang kita lupa apa saja yang sudah dibeli. Pencatatan pengeluaran merupakan salah satu langkah dan bukti kontrol terhadap pengeluaran. Jangan sampai pengeluaran lebih besar daripada penghasilan apalagi jika mengandalkan pinjaman online cepat cair cukup ktp yang kini cukup banyak digunakan karena memudahkan semua pembayaran dalam satu akun saja.

4. Pastikan tidak melebihi kemampuan finansial saat ini

Umumnya hari besar seperti Imlek sudah punya anggaran tersendiri yang disiapkan setahun sebelumnya. Misalnya jika tahun lalu menghabiskan anggaran untuk belanja Imlek sebesar Rp10 juta, mungkin tahun ini bisa dipangkas hanya setengahnya saja mengingat saat ini Jawa Bali masih memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) atau PSBB yang sebelumnya dilakukan di masa pandemi meningkat.

5. Pilih lembaga yang tepercaya dan memberikan kepastian bunga ringan

Pinjaman online cepat cair cukup ktp memang memudahkan apalagi saat ini transaksinya bisa digunakan secara online dan offline. Untuk transaksi offline hanya tinggal scan barcode saja seperti layanan dompet digital. 

Namun demikian, pastikan juga bahwa pinjaman online yang kamu pilih tepercaya dan sudah terdaftar di OJK. hal ini penting mengingat masih banyak pinjol ilegal yang muncul setiap bulan. Dikhawatirkan justru akan merugikan calon nasabah dengan memberikan bunga tersembunyi yang pada akhirnya akan merugikan nasabah itu sendiri di kemudian hari.