tanaman herbal atasi demam

Tanaman Herbal Atasi Demam Disekitar Kita.

Sumber foto : medicalnewstoday

Tanaman Herbal Atasi Demam – Demam bukanlah sebuah penyakit, demam adalah sebuah reaksi alami dari tubuh yang berusaha dalam melawan infeksi virus atau bakteri kedalam tubuh. Dampak dari reaksi yang ditimbulkan yaitu badan terasa tidak enak, kurannya semangat, panas tubuh meningkat, sakit kepala serta lesu. Jika sudah terserang demam kebanyakan orang akan langsung berobat kedokter.

Tanaman Herbal Atasi Demam.

Namun tahukah kamu ada banyak tanaman yang mempunyai khasiat dalam mengatasi dan mencegah masalah demam, tanaman-tanaman tersebut mempunyai kemampuan dalam meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melawan serangan infeksi. Untuk itu berikut beberapa tanaman yang dapat mengatasi demam sekaligus digunakan untuk pencegahan.

1. Daun Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman obat yang memiliki rasa yang sangat pahit, namun dibalik rasanya yang pahit tanaman satu ini memiliki kandungan anti-radang, anti-inflamasi yang diketahui bisa digunakan dalam mengatasi demam.

Tak hanya itu tanaman herbal sambiloto juga dapat menangani masalah lainya seperti batuk, gangguan pencernaan, pilek, sakit tenggorokan, dan sinusitis.

2. Daun Pepaya.

Daun pepaya sering diambil dan dikonsumsi sebagai sayuran ataupun lalapan, rasanya yang pahit namun tidak menutup sepi dari penggemarnya. Daun pepaya bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu obat untuk mengatasi demam, baik pada anak maupun orang dewasa.

Kamu bisa mengolanya dengan menghaluskan daun pepaya lalu kemudian meminum air sarinya, atau dengan cara kedua yaitu merebus daunya dan setelah itu konsumsi air rebusanya sebanyak tiga gelas sehari hingga demam sembuh.

3. Brotowali.

Selanjutnya ada brotowali, tanaman satu ini merupakan tanaman obat yang sudah cukup sulit ditemukan. Dalam khasiatnya tanaman satu ini banyak dicari sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah deman. Letak pemanfaatanya ada pada bagian daun dan batangnya yang merambat, umunya tanaman brotowali direbus dan dikonsumsi airnya.

Beberapa manfaat lainya dari tanaman brotowali ialah mampu mencegah malaria, mengatasi sakit pinggang, menurunkan gula darah serta mengatasi hipertensi.

4. Jahe.

Rempah yang mempunyai rasa hangat satu ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah demam yang sedang terjadi loh. Adanya kandungan minyak atsiri pada akar jahe yang bersifat antiradang, antibakteri, antiiflamasi serta antioksidan yang memungkinkanya mampu menurunkan pada tubuh sekaligus melawan infeksi.

5. Daun Pandan.

Tak hanya digunakan pada makanan sebagai pewarna dan pengharum, daun pandan juga bisa mengatasi demam yang sedang terjadi. Adanya sifat antibakteria pada daun yang membuat pandan dapat mengatasi infeksi demam dalam tubuh. Cukup konsumsi air rebusan daun pandan dapat menurunkan suhu tubuh kembali normal.

6. Pegagan.

Tanaman yang bisa mengatasi demam dan menurunkan panas tubuh selanjutnya yaitu pegagan. Pegagan atau antanan merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional dan lalapan konsumsi. Sebagai lalapan daun pegagan rasanya cukup enak loh.

Kamu bisa memanfaatkan daun pegagan sebagai obat dalam mengatasi demam dengan cara mengahuskan daun pegagan menggunakan belender, lalu kemudian dikonsumsi sehari dua sampai tiga kali setengah gelas.

Nah itulah beberapa tanaman yang bisa kamu gunakan dalam mengatasi demam dan menurunkan panas tubuh, sebenarnya masih ada beberapa tanaman lainya yang mempunyai khasiat dalam mengatasi demam seperti rumput meniran, cocor bebek, sambung nyawa dan biji mahoni.

Sumber referensi : healty99