Spot spot unik di daerah Bali

Spot spot unik di daerah Bali – Bali adalah salah satu pulau wisata paling menggugah dan populer di seluruh kepulauan Indonesia. Kunjungan ke sini membangkitkan indra. Aroma dupa dan minyak cengkeh yang memabukkan menggantung di udara tropis yang kental. Kacang mendesis di warung pinggir jalan, persembahan bertabur kelopak membara di trotoar yang sibuk, dan musik gamelan tradisional berdenting melawan dengungan moped.

Terlepas dari keributan dan kekacauan di kawasan wisata utama, pulau ini kaya akan keindahan alam, dengan daya tarik untuk setiap jenis wisatawan. Peselancar datang untuk ombak legendaris, pejalan kaki dapat mendaki puncak vulkanik hutan ke air terjun berkabut, dan pengendara sepeda dapat bersepeda melalui lanskap subur yang dipenuhi dengan persawahan dan desa tradisional.

Pemandangan seni pulau yang kaya adalah daya tarik utama lainnya, dan jika relaksasi adalah prioritas utama Anda, belanja di Bali dan perawatan spa luar biasa – dan terjangkau. Spiritualitas menambahkan lapisan lain pada daya pikat Bali, dan melihat pura yang megah serta upacara suci Hindu adalah hal utama yang harus dilakukan di Bali.

Sejak buku dan film terkenal Eat, Pray, Love menyoroti pulau yang mempesona ini, kerumunan turis tidak dapat disangkal membengkak, tetapi Anda masih dapat mengalami Bali kuno jika Anda menyimpang dari jalur yang biasa. Temukan tempat terbaik untuk dikunjungi dan beberapa permata tersembunyi pulau dengan daftar objek wisata terbaik di Bali.

Kepulauan Nusa

Jika Anda mendambakan Bali yang lebih lambat, tanpa keramaian, lalu lintas, dan calo turis, Kepulauan Nusa adalah tempat Anda akan menemukannya.

Yang paling populer dari ketiga pulau tersebut adalah Nusa Lembongan, sekitar 20 kilometer lepas pantai dari Sanur dan mudah diakses dengan speedboat. Selancar, snorkeling, menyelam, kayak, dan stand up paddleboarding adalah kegiatan utama di sini, dan atraksi teratas termasuk Dream Beach yang indah; Mushroom Bay; dan singkapan batu Devil’s Tears, dengan pemandangan ombak besar yang meletus di atas bebatuan. Banyak penduduk setempat yang masih mencari nafkah dari bertani rumput laut, dan Anda dapat menyaksikan mereka memanennya di tepi pantai.

Pulau tetangga, Nusa Ceningan, terletak tepat di atas jembatan dari Nusa Lembongan, dengan laguna biru yang indah.

Trio pulau terbesar, Nusa Penida, dapat dicapai dengan naik perahu cepat. Formasi bebatuan, gua, dan suaka burung adalah daya tarik utama Nusa Penida, dan menyelam adalah salah satu hal paling populer untuk dilakukan di sini, dengan kesempatan untuk melihat pari manta, mola-mola, dan penyu. Jangan lewatkan pendakian terjal ke Pantai Kelinking, juga dikenal sebagai T-Rex Bay, untuk berjemur di atas pasir keemasan Anda sendiri yang didukung oleh tebing laut yang menjulang tinggi – ini adalah salah satu pantai terbaik di Asia.

Akomodasi di pulau-pulau tersebut berkisar dari gubuk pedesaan hingga vila mewah.

Pantai Kuta

Ya, memang ramai dan para pedagang asongan mengintai pantai, tapi hamparan pasir yang terkenal ini, bersama dengan tetangganya Pantai Legian dan Seminyak di utara, adalah salah satu tempat yang paling sering dikunjungi di Bali. Anda akan bersenang-senang di sini – terutama jika Anda seorang peselancar pemula atau Anda hanya ingin menikmati pemandangan.

Anda dapat memesan pelajaran selancar dan menyewa papan selancar, papan boogie, kursi berjemur, dan payung langsung dari vendor yang didirikan di atas pasir, dan banyak kafe dan restoran yang berbatasan dengan pantai. Penjual pantai mudah dibujuk dengan kata “tidak, terima kasih” yang sopan, tetapi kelapa sedingin es yang disiram dengan jus yang disajikan langsung ke kursi berjemur Anda bisa menjadi berkah di hari yang gerah.

Untuk bagian pantai yang lebih damai di pulau ini, pergilah ke pasir lembut Sanur, Pantai Jimbaran, atau Nusa Dua (Pantai Geger di sini memiliki akses publik).

Peselancar harus mengunjungi Dreamland, Canggu, Balangan, Bingin, Padang-Padang, atau teluk tersembunyi di tepi tebing di Uluwatu.

Lembah Sidemen

Sekitar 90 menit berkendara ke timur laut Ubud, Lembah Sidemen yang bernuansa zamrud membangkitkan nuansa Bali Tua, sebelum kerumunan turis turun ke pulau itu. Desa-desa yang mengantuk meringkuk di lembah di tengah sawah bertingkat, dan Gunung Agung yang tertutup awan tampak di latar belakang seperti penjaga yang baik hati.

Sorotan kunjungan di sini adalah berjalan-jalan di sekitar desa-desa kecil, dikelilingi oleh tanah pertanian dan sawah, di mana penduduk setempat masih cenderung melakukan aktivitas tradisional mereka. Anda juga dapat mendaki melalui pedesaan ke puncak Gunung Agung atau berjalan kaki melalui sawah dan pedesaan yang subur melewati perkebunan kakao dan kopi.

Hal populer lainnya yang dapat dilakukan di sini termasuk arung jeram di sungai; retret yoga; dan ikut serta dalam kegiatan budaya seperti menari, mengukir, atau menenun tradisional.

Homestay dan B&B sangat populer di daerah ini, tetapi Anda juga akan menemukan beberapa vila mewah yang menghadap ke sawah. Spot spot unik di daerah Bali.