Tips Memasak Menggunakan Rice Cooker Agar Tidak Lembek

 

Meski terkesan mudah, ternyata memasak nasi menggunakan rice cooker signora harus tetap menggunakan trik cerdas. Banyak yang tidak menyadari bahwa kesalahan kecil dalam menanak nasi bisa menyebabkan nasi terlalu lembek atau terlalu kasar. Ini bisa terjadi karena beberapa hal. Jika anda sering mendapati hal demikian, ada baiknya baca artikel ini hingga selesai. Agar mengetahui bagaimana cara menanak nasi di rice cooker agar bisa menghasilkan nasi yang pulen dan enak.

Memasak Menggunakan Rice Cooker Presto

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis beras memerlukan takaran air yang sama. Ada sebagian jenis beras hanya memerlukan air yang sedikit untuk memasaknya. Tapi ada sebagian jenis lain yang membutuhkan banyak air agar bisa membuatnya menjadi nasi.

Cara untuk mengetahui apakah beras tersebut membutuhkan banyak air atau tidak adalah dengan memasak satu cangkir kecil saja. Karena jika gagal anda tidak perlu membuang banyak nasi. Anda bisa memasak dengan jumlah yang banyak setelah menemukan takaran kadar air yang sesuai untuk beras pilihan tersebut.

Meniriskan air sebelum memasak nasi pada rice cooker signora juga merupakan salah satu cara agar nasi tidak terlalu lembek. Karena sisa air bekas cucian yang masih ikut dalam beras akan menambah takaran air sehingga menjadikan nasi lebih lembek. Usahakan untuk meniriskan air hingga benar-benar tiris sebelum memasaknya.

Memasak Menggunakan Rice Cooker Signora

Banyak yang memberi saran menggunakan takaran 1:2 ketika memasak menggunakan rice cooker signora. Yang dimamsud takaran 1:2 di sini adalah satu takaran beras dengan dua takaran air. Misalkan akan memasak satu cangkir beras. Maka volume air yang digunakan adalah dua cangkir. Tapi jika menggunakan cara ini masih juga lembek, anda bisa mengurangi sedikit volume airnya.

Ada pula sebagian orang yang menambah garam atau mentega pada beras yang dimasak. Tujuannya adalah untuk menambah citarasa nasi yang dihasilkan. Namun sayangnya menambahkan garam atau mentega pada beras yang dimasak di rice cooker signora hanya akan membuat tekstur nasi menjadi lebih lembek. Tapi jika terpaksa harus menambahkan garam, misalnya akan membuat nasi uduk, maka kurangi volume air yang digunakan.

Memasak Menggunakan Signora Rice Cooker

Salah satu kebiasaan buruk adalah langsung membuka rice cooker ketika nasi baru saja matang. Jika ini sering anda lakukan, sebaiknya jangan diulangi. Karena langsung membuka tutup rice cooker langsung setelah nasi matang justru akan membuat tekstur nasi lebih lembek. Tunggulah 5 hingga 10 menit setelah matang baru membuka tutup rice cooker signora.

Demikian beberapa cara mudah menanak nasi di rice cooker atau magic com agar tidak bertekstur lembek. Jika mungkin selama ini nasi yang anda masak masih terlalu lembek, cobalah koreksi dengan cara-cara di atas.