Sebagai Cincin Pertunangan, Emas Hadir Dalam Berbagai Warna Dan Gaya

Jika Anda ingin mengikuti tradisi saat memilih cincin pertunangan atau pernikahan, gunakan emas. Emas kuning membuat Anda terlihat lebih bersinar jika Anda memiliki warna kulit kuning atau cokelat. Sedangkan jika warna kulit Anda kuning pucat, cincin emas putih atau bahkan cincin emas merah jambu atau biasa disebut rose gold akan terlihat bagus untuk Anda.

Sebelum membahas ketiganya, perlu diperhatikan bahwa emas kuning, emas putih, dan emas mawar semuanya memiliki kadar karat yang sama sehingga memiliki nilai yang sama. Satuan ukuran untuk emas murni adalah karat. Hasilnya, cincin emas kuning 18K sama berharganya dengan cincin emas putih 18K atau cincin emas mawar 18K.

1. Emas berwarna kuning

Emas kuning, seperti namanya, adalah emas dengan nada kekuningan. Banyak orang menyebut emas kuning sebagai emas murni, atau emas dengan tingkat kemurnian 24 karat. Namun, karena emas 24K memiliki tekstur yang lembut, maka tidak dapat digunakan sebagai perhiasan, terutama yang dikenakan setiap hari dalam jangka waktu yang lama, seperti cincin pertunangan dan cincin kawin.

Emas 18 karat lebih banyak digunakan sebagai komponen perhiasan. Artinya kandungannya adalah 18/24 emas murni, atau 75%, dengan sisa 6/24, atau 25%, menjadi logam lain yang mengeraskannya sekaligus menentukan warna akhir.

Alhasil, cincin emas kuning ini hadir dalam berbagai variasi warna. Emas 18K, misalnya, memiliki nada kuning cerah dan terdiri dari 75% emas murni, 12,5% tembaga, dan 12,5% perak. Sementara itu, emas 18K yang memiliki tone kuning sedikit lebih gelap terdiri dari 75% emas murni, 15% tembaga, dan 10% perak.

2. Warna emas putih

Emas putih memiliki kandungan emas murni yang sama dengan emas kuning; paduan dicampur secara berbeda untuk menghasilkan warna akhir yang berbeda (selain membuatnya lebih keras juga). Emas putih biasanya dicampur dengan nikel, perak, dan paladium.

Campuran emas murni dan ketiga logam tersebut di atas tidak menghasilkan warna putih yang benar-benar berkilau. Rona berkisar dari kuning pucat hingga coklat hingga kemerahan. Perhiasan putih berkilau ini diakhiri dengan lapisan rhodium di ujungnya. Lapisan putih berkilau ini identik dengan istilah emas putih atau ‘emas putih’ sebelumnya. Cek link berikut jika kamu ingin Cincin Emas Putih Simple Elegan.

3. Emas Mawar Emas

Rosegold telah populer di Rusia sejak akhir 1800-an dan telah mengalami lonjakan popularitas dalam lima tahun terakhir. Emas mawar, seperti emas kuning dan putih, terbuat dari emas murni dan logam lainnya.

 

Warna rose gold yang paling umum mengandung 75% emas murni, 22,25% tembaga, dan 2,5% perak. Warna turunan rosegold meliputi emas merah 18K (emas murni 75%, tembaga 25%, dan perak 5%) dan emas merah muda 18K (emas murni 75%, tembaga 20%, dan perak 5%).