Rincian Modal Usaha Konter Pulsa Dan Kuota Internet

Dengan adanya pulsa, maka perangkat smartphone tersebut dapat digunakan untuk mengirim sms, telephone, akses internet dan lain-lain. Sehingga semua orang yang memiliki smartphone pasti akan membutuhkan pulsa.

Fakta diatas dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha yang prospektif. Apa itu? Ya apalagi kalau bukan usaha konter pulsa dan kuota internet.

Nah, bagi yang ingin membuka bisnis konter pulsa dan kuota internet, berikut dibawah beberapa penjelasan tentang cara memulai usaha ini. Lengkap dengan rincian modal usaha konter pulsa dan kuota internet. Cekidot!

 

Cara Memulai Usaha Konter Pulsa.

Ketika di awal membuka usaha konter pulsa ini, Anda tidak perlu merasa bingung tentang tahapan dan langkah-langkah apa saja yang diperlukan. Karena semuanya akan dijelaskan secara detail dan rinci di artikel ini. Yuk kita mulai dari tahapan pertama.

1. Mencari dan Mempersiapkan Tempat Usaha.

Perlu diketahui, bahwa usaha konter pulsa sebenarnya tidak memerlukan tempat yang terlalu besar.

 

Gabung ke agen pulsa terbaik hanya di : Daftar BrilianKD Store

 

Rincian Modal Usaha Konter Pulsa Dan Kuota Internet

 

Cukup dengan kios kecil berukuran 3 X 5 meter, maka Anda sudah bisa membuka sebuah konter pulsa. Hal yang lebih penting untuk diperhatikan justru adalah area parkir. Usahakan mencari kios yang memiliki area parkir yang luas.

Mungkin Anda akan bertanya : “Kan ukuran depan kiosnya hanya 3 meter bang izal, bagaimana mungkin area parkirnya bisa jadi luas?”

Iya saya paham sekali tentang hal itu. Yang saya maksud adalah, cari kios yang area parkirnya memanjang. Jadi posisi kios itu tidak terlalu mepet ke jalan. Tentu Anda pernah melihat bangunan kios yang agak menjorok ke belakang. Ada kios yang jaraknya dari jalan 3 meter, bahkan 5 meter. Sehingga walau kiosnya kecil, tapi parkirannya luas/lega. Nah, kios seperti inilah yang saya sarankan untuk dicari.

Jika parkir kiosnya luas, maka orang akan lebih suka untuk mampir, ketimbang parkir kecil yang selalu penuh dengan kendaraan. Saya rasa semua orang pasti sepakat dengan hal ini, termasuk penulis. Saya sendiri seringkali enggan mampir ke kios pulsa yang sulit untuk parkir kendaraan disana.

 

Selain itu, usahakan cari lokasi konter yang strategis dan berada di pinggir jalan raya. Lokasi konter pulsa terbaik adalah yang dekat dengan pusat keramaian. Seperti area perkantoran, tempat wisata, sekolahan, universitas, dan lain-lain.

Jika kebetulan memiliki rumah di pinggir jalan raya strategis, maka Anda bisa mendirikan usaha konter pulsa di halaman rumah tersebut. Buatlah tempat semi permanen. Tentang ukuran bangunan, karena ini milik sendiri, ya terserah Anda.

Anda boleh-boleh saja membuat bangunan toko semi permanen berukuran 4 x 8 meter misalnya. Karena bangunannya tergolong besar, maka selain menjual pulsa, Anda juga bisa menyediakan aksesoris smarthphone di toko milik Anda tersebut.

Membuat bangunan toko sendiri memang butuh modal besar di awal, tapi akan lebih mengemat modal untuk jangka panjang. Sebab Anda tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk biaya sewa kios/toko selama-lamanya.

Bagi Anda yang masih bingung tentang berapa modal yang harus disiapkan, nanti dibawah akan saya jelaskan tentang rincian modal usaha konter pulsa dan kuota internet ini. Yuk pantengin terus isi artikelnya sampai habis.

2. Menyiapkan Peralatan Dan Perlengkapan Konter Pulsa.

Ketika di awal memulai usaha konter pulsa dan kuota internet, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan dan perlengkapan. Perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan antara lain kursi, etalase, smartphone, tempat untuk kartu perdana dan smartphone, sim micro cutter, rak display mundo, rak gantung kunci kecil, dan spanduk atau banner.

Bagi Anda yang tidak ingin menjual akseseoris, maka tidak perlu membeli rak display mundo dan rak gantung kecil.

Semua yang saya sebutkan diatas adalah salah satu bagian penting dalam usaha konter pulsa. Karena nantinya pasti akan dibutuhkan untuk penunjang operasional konter pulsa Anda.

Peralatan dan perlengkapan konter pulsa ini juga cukup mudah didapatkan. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. Jika dana Anda terbatas, maka Anda bisa membeli peralatan atau perlengkapan bekas, asalkan kondisinya masih bagus. Cara ini akan dapat meminimalisir biaya modal yang mesti Anda keluarkan.

3. Mencari Supplier.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan saat ingin memulai usaha konter pulsa dan kuota internet adalah mencari supplier yang terpercaya. Perlu diketahui bahwa langkah ini meliputi pencarian penyedia saldo pulsa, penjual kartu perdana dan penjual aksesoris handphone. Penyedia saldo tersebut nantinya akan memberikan saldo pulsa yang dapat digunakan untuk mengisi pulsa elektrik.

Selain itu, saldo tersebut juga dapat digunakan untuk pulsa listrik, isi paket sms, isi paket internet, voucher game online, pulsa bolt 4G dan untuk bayar tagihan bulanan seperti PDAM, PLN, Telkom. Dan perlu diingat, yaitu Anda harus hati-hati dalam memilih penyedia saldo. Saat akan memilih penyedia saldo, maka jangan melihat hanya dari segi harganya saja, namun juga harus dilihat kualitas pelayanan dan kecepatannya.