Perbedaan Rayap Kayu Kering Dan Rayap Kayu Basah

Rayap tamah merupakan kenis rayap yang paling populer di masyarakat, karena rayap tanah sangat mudah untuk ditemukan. Sebenarnya ada beberapa jenis rayap yang bisa muncul dan berkembang di lingkungan dan setiap rayap pasti memiliki karakteristik yang berbeda. Pada dasarnya semua rayap akan memakan kayu, sehingga jenis apapun rayapnya memerlukan perhatian khusus.

Ada juga rayap kayu kering dan rayap kayu basah yang dibedakan dari jenis kayu yang ditinggalinya. Semua jenis rayap memang tidak menyukai suhu panas, apalagi terkena sinar matahari secara langsung dan rayap juga akan hidup secara berkoloni atau bergerombol. Secara umum ada berbagai perbedaan dari rayap kayu kering dan basah.

Perbedaan Rayap Kayu Kering Dan Rayap Kayu Basah

  1. Tempat Hidup

Sesuai dengan penamaannya, rayap kayu kering akan hidup di suatu kayu yang kondisinya kering dan rayap kayu kering memiliki kemampuan mumpuni dalam melubanggi kayu, bahkan kayu yang berstektur kuatpun bisa dilubanggi dengan cepat. Sedangkan rayap kayu basah adalah jenis rayap yang hidup di kayu dengan kelembaban tinggi.

Rayap kayu kering biasanya akan menyerang properti yang ditempatkan di area yang kering seperti kamar atau ruang tamu. Sedangkan rayap kayu basah biasanya berada di lokasi yang lembap seperti area dapur, gudang, dekat kamar mandi atau lokasi yang sering kehujanan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai karakteristik rayap, maka anda bisa bertanya langsung ke jasa anti rayap jakarta .

  1. Kebutuhan Tanah

Rayap kayu kering memang tidak membutuhkan tanah untuk hidup, karena seluruh hidupnya dihabiskan dalam kayu dan kayu menjadi sumber makanan yang sangat potensial. Sedangkan rayap kayu basah pasti hidup di lokasi yang lembap dan biasanya sering bercampur dengan tanah. Untuk mengetahui berbagai solusi pembasmian rayap, maka anda bisa menggunakan jasa anti rayap profesional.

Meskipun keduanya tidak terlalu bergantung dengan tanah, namun keduanya bisa hidup dengan baik di tanah. Sejatinya rayap memang merugikan buat rumah, apalagi saat dibiarkan dalam waktu yang lama. Untuk mendeteksi keberadaan rayap dirumah memang harus dilakukan dengan cara yang khusus, karena bentuk rayap yang kecil sangat sulit terdeteksi secara biasa.

  1. Kebutuhan Air

Rayap kayu kering tidak memerlukan kondisi lembap berlebih, karena cairan akan diperoleh dari kayu yang dimakannya dan rayap jenis ini juga terkenal dengan proses adaptasinya yang cepat. Sedangkan rayap kayu basah akan hidup lebih efektif di lokasi yang lembap atau banyak air, sehingga kayu yang sudah busuk menjadi tempat yang nyaman untuk rayap kayu basah.

Pada dasarnya semua hewan membutuhkan air untuk bertahan hidup, karena tubuh hewan membutuhkan cairan dan cara memperoleh cairan bervariasi, tergantung jenis hewannya. Bagi anda yang ingin mengetahui keberadaan rayap di rumah dan jenis rayap apa yang ada, maka anda bisa menggunakan jasa anti rayap untuk memperoleh solusi terbaik.

Hampir semua jenis rayap memang senang menggerogoti kayu mulai dari bagian dan biasanya bagian luar kayu dibiarkan, supaya terbebas dari berbagai serangan predator. Hal ini membuat proses deteksi menjadi sangat sulit dan biasanya hanya ditemukan pada saat kondisi kayu sudah parah kerusakannya. Sebaiknya jaga terus kebersihan rumah dan selalu periksa area-area tersembunyi, supaya tidak kecolongan dengan serangan rayap.

Demikian ulasan singkat mengenai perbedaan rayap kayu kering dan rayap kayu basah. Semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca.