Penyebab dan Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam

7 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami

Seiiring bertambahnya usia, maka kondisi kulit akan berubah. Terutama saat menginjak usia 30 tahun ke atas. Masalah kulit yang akan dialami pun akan semakin kompleks, salah satunya adalah munculnya kantung mata hitam.

Kantung mata dan lingkaran hitam di area mata, atau dikenal dengan sebutan mata panda, bisa muncul seiirin bertambahnya usia. Ini dikarenakan penuaan bisa menyebabkan berkurangngnya jumlah kolagn di kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata terlihat kendur.

Penyebab Kantung Mata Hitam

Selain karena penuaan, mata panda juga bisa muncul yang disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Kelelahan dan kurang tidur
  • Terjadinya peningkatan melanin di sekitar area mata akibat papa sinar matahari berlebihan
  • Peradangan atau hiperpigmentasi
  • Penumpukan cairan di sekitar mata akibat perubahan hormon atau terlalu banyak mengonsumsi garam
  • Stres

 

Cara Mengatasi Kantung Mata Hitam

Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan kantung mata hitam yang bisa anda coba:

  1. Susu Beruang

Susu ini memang dipercaya baik sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit karena susu ini kaya akan vitamin A, D, B6, dan B12.

Manfaat susu beruang untuk kecantikan ini bisa anda lakukan dengan cara membasahi kapas dengan mencelupkannya kedalam susu beruang. Kemudian kapas yang sudah basah itu dioleskan ke area kulit wajah secara merata lalu lap dan bilas hingga bersih. Setelah dibersihkan, nantinya kulit wajah akan terasa lebih bersih dan juga akan terasa lebih segar.

Selain cara di atas, bisa juga dengan cara lainnya. Caranya adalah 2 kapas dicelupkan kedalam susu beruang lalu taruh kapas itu diatas kelopak mata. Dan diamkan selama 5 menit kemudian basuh wajah dengan menggunakan air bersih. Siapkan kapas yang sudah dicelupkan kedalam susu beruang dan taruh diatas mata. Dilangkah yang kedua ini nantinya dapat menghilangkan kerutan di bawah mata dan juga mengatasi mata panda.

 

  1. Putih Telur

Dengan mengonsumsi putih telur secara teratur bisa membantu peremajaan sel serta jaringan yang akan menghasilkan kulit halus. Sehingga putih telur ini bisa digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini seperti mta panda, kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

 

  1. Buah Semangka

Buah semangka bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Ini dikarenakan buah semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Nah, jika anda memiliki masalah kulit kering sehingga menimbulkan kerutan pada wajah, maka anda bisa coba mengonsumsi buah semangka ini untuk mengatasinya.

 

Perlu anda ketahui bahwa masalah kulit kering itu disebabkan kurangnya kandungan air di dalam tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi semangka yang kaya akan kandungan airnya, dapat memenuhi kebutuhan air pada tubuh anda. Untuk bisa mendapatkan manfaat buah semangka ini, anda bisa langsung mengonsumsinya atau menjadikannya sebagai masker wajah.

 

  1. Gunakan Kompres Dingin

Mengompres mata merupakan cara menghilangkan kantung mata hitam secara efektif. Anda bisa mengompres mata menggunakan lap bersih yang direndam air dingin atau dibungkus es. Lakukan metode ini selama 10-15 menit.

 

Selain menggunakan air dingin atau es, anda juga bisa coba mengompres mata dengan kantong teh hijau basah, potongan mentimun, atau masker gel khusus mata.

 

  1. Hindari minuman beralkohol dan berkafein

Minuman beralkohol dan berkafein bisa menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu waktu tidur, dan membuat kantung mata dan lingkaran hitam di sekitarnya terlihat lebih jelas. Maka dari itu, anda harus membatasai atau bahkan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol dan berkafein supaya mata panda bisa cepat hilang.