Pengertian Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa staff Kanca IT mungkin belum familiar dengan istilah ini. Karena tidak semua pengguna internet membutuhkan layanan ini. Namun bagi kita yang membangun website pasti membutuhkan layanan hosting ini selain memiliki nama domain.

Apakah Kanca IT yang akan membangun website mengetahui apa itu hosting? Bagaimana cara kerja hosting, manfaat layanan hosting dan berbagai jenis hosting seperti shared hosting, VPS (Virtual Private Server), dedicated server dan cloud hosting? Pelajari lebih lanjut tentang IT Kampus

Definisi hosting

Apa itu hosting? Hosting adalah penyedia layanan untuk peralatan komputer dan perangkat lunak yang menyimpan semua data di situs web kami, mis. B. Menulis, gambar, video dan berbagai jenis PHP, HTML dan script lainnya.

Hosting juga bisa dikelola dari jarak jauh walaupun kita berada di ujung dunia walaupun kita masih terkoneksi dengan internet karena hosting menggunakan jaringan internet dan protokol TCP / IP untuk layanannya.

Bagaimana cara kerja hosting?

Sekarang Kanca IT menyadari pentingnya hosting, sekarang saatnya memahami cara kerja hosting. Kanca IT mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah browsing, yaitu proses mengakses layanan website dengan memasukkan nama domain di address bar browser yang kita gunakan.

Cara kerja hosting adalah permintaan akses diteruskan ke server hosting setelah kita memasukkan nama domain di address bar browser. Kemudian pihak hosting akan mengirimkan informasi file yang kita minta ke komputer melalui internet dan akan ditampilkan oleh web browser seperti Mozilla Fire Fox, Google Chrome dll dalam bentuk gambar, font, video dll. Representasi fungsionalitas hosting tersebut mewakili informasi situs web yang kami minta melalui browser web.

Manfaat Menggunakan Hosting

Administrasi mudah

Hosting dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna karena hosting memiliki sistem panel kontrol. Di panel kontrol ini Anda dapat menambahkan domain, mengubah domain, dan membuat akun email. Pengguna juga dapat dengan mudah mengunggah file dan gambar untuk digunakan di situs web mereka.

Dengan persewaan hosting kami, kami tidak khawatir tentang masalah teknis dalam mengelola server hosting. Dengan menggunakan hosting, kita bisa menghemat biaya budget.

Melalui hosting, yang mempermudah memasarkan produk melalui situs web, kami dapat melayani pelanggan kami sepanjang waktu tanpa gangguan dan tersedia di seluruh dunia.

Untuk menghemat waktu

Hosting tidak hanya murah, tetapi juga menghemat waktu karena data selalu terhubung ke server hosting. Artinya dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui internet. Jadi Anda tidak perlu bertemu langsung karena datanya online secara real time dan bisa diakses siapa saja. Ini menghemat waktu dan tenaga.

Perbedaan antara shared hosting, VPS, dedicated server, dan cloud hosting

Shared Hosting

Hosting bersama adalah server hosting yang digunakan bersama oleh pelanggan dan berbagi sumber daya dengan pengguna hosting bersama lainnya. Dengan cara ini, kecepatan, kualitas dan kinerja situs web bergantung pada pengguna hosting lain di server yang digunakan.

Jika ada pengguna yang sangat intensif sumber daya, situs web kami berisiko memperlambat kecepatan dan kinerjanya. Pengguna shared hosting tidak bisa mengelola server, tetapi penyedia shared hosting bisa mengelola server yang kita gunakan sebagai shared hosting.

VPS

VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server. Layanan VPS menggunakan teknologi sumber daya virtual khusus yang bersifat pribadi dan oleh karena itu hanya digunakan oleh satu pengguna. Oleh karena itu, layanan hosting ini sangat bagus dibandingkan dengan hosting bersama.

Dibandingkan shared hosting, VPS memiliki banyak keunggulan, termasuk fakta bahwa kami sangat fleksibel. Kami dapat menginstal aplikasi atau perangkat lunak di VPS sesuai dengan kebutuhan kami. Sebagai pengguna, kami juga memiliki hak akses penuh (root), sehingga Anda dapat mengelola server yang kami gunakan dengan sangat fleksibel.

Dedicated Server

Server khusus adalah server dengan sumber daya dan spesifikasi yang sangat besar dibandingkan dengan VPS. Dibandingkan VPS yang menggunakan server virtual, dedicated server menggunakan server fisik yang kita gunakan sendiri sehingga kinerjanya jauh lebih baik daripada VPS.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah jenis layanan hosting yang menggunakan lebih dari satu server tetapi menggunakan beberapa server untuk berbagi beban guna menyeimbangkan beban yang dibawa oleh setiap server dan untuk memaksimalkan ketersediaan server.

Cloud hosting menggunakan teknologi yang dapat menggabungkan beberapa server dan berjalan seperti server secara keseluruhan. Ini untuk membantu menjaga kinerja yang baik.

Dapatkan hosting wordpress murah hanya di cloudku.id, disana juga menyediakan cloud hosting murah lho!, yuk silahkan bisa kunjungi & order.