Pengertian dan Fungsi dari Aplikasi

Apa itu aplikasi? Dalam ilmu komputer, istilah aplikasi adalah perangkat lunak atau program komputer yang bekerja pada sistem tertentu yang telah dibuat dan dikembangkan untuk menjalankan perintah tertentu.

Istilah application sendiri berasal dari bahasa Inggris “application”, yang dapat diartikan sebagai application atau penggunaan. Aplikasi secara harfiah adalah aplikasi perangkat lunak atau perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu.

Untuk lebih memahami apa arti aplikasi tersebut, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

1. Hengky W. Pramana

Menurut Hengky W. Pramana istilah aplikasi adalah perangkat lunak yang dikembangkan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan berbagai kegiatan dan pekerjaan. Pengabdian masyarakat, kegiatan komersial, periklanan, permainan, dan berbagai kegiatan lainnya.

2. Harip Santoso

Menurut Harip Santoso, pengertian aplikasi terdiri dari serangkaian file (report, class, form) yang dibuat untuk melakukan aktivitas terkait tertentu, misalnya B. Aplikasi investasi dan penggajian.

3. Sri Widianti

Menurut Sri Widianti, pentingnya suatu aplikasi adalah perangkat lunak yang dibuat sebagai ujung depan dari suatu sistem yang mengelola data sehingga menjadi informasi yang berguna bagi pengguna.

4. Rachmad Hakim S.

Menurut Rachmad Hakim S, pengertian aplikasi adalah perangkat lunak yang dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya. untuk memproses dokumen, permainan, dll.

5. Ali Zaki dan Komunitas Smitdev

Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, konsep aplikasi merupakan komponen yang berguna sebagai media untuk melakukan pengolahan data atau kegiatan lainnya. Buat dan proses file dan dokumen.

Fungsi Aplikasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas terkait dengan aplikasi, aplikasi memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada orang-orang di berbagai kalangan. Fungsi aplikasinya adalah sebagai berikut:

1. Bidang pendidikan

Dalam bidang pendidikan, aplikasi memiliki fungsi sebagai bahan ajar. Misalnya aplikasi yang berguna untuk menyajikan materi animasi agar lebih menarik, seperti Microsoft PowerPoint. Sehingga suasana mengajar menjadi lebih menyenangkan dan hasil yang maksimal dapat dicapai.

2. Bidang kesehatan

Peran aplikasinya meluas ke bidang medis juga. Dengan penerapannya, misalnya, dapat membantu dokter mendiagnosis penyakit, mencampur obat, dan memberikan perawatan rutin. Banyak aplikasi yang berhubungan dengan dunia medis kini telah berkembang.

3. Area bisnis

Di sektor korporasi, aplikasi memiliki fungsi untuk menghitung keuntungan. Karena eksekusi manual membutuhkan waktu lama dalam beberapa kasus, tentu saja diperlukan aplikasi.

4. Bidang ilmu

Dalam bidang sains, aplikasi membantu memperoleh informasi yang berkaitan dengan sains. Banyak aplikasi yang dikembangkan juga mendukung penelitian ilmiah tertentu.

Selain itu, sebuah aplikasi baru-baru ini diluncurkan untuk mempertemukan siswa yang ingin berkonsultasi dengan guru atau guru atau ahli.

5. Bidang militer

Ternyata aplikasi ini juga memiliki fungsi di bidang kemiliteran. Fungsi aplikasi di bidang militer bertujuan untuk mengontrol pesawat sedemikian rupa sehingga tidak lagi dioperasikan secara manual. Dengan demikian hasil yang diperoleh lebih optimal dibandingkan jika menggunakan cara manual.

Lagi butuh jasa konsultan it indramayu? Jika iya, bisa kunjungi tautan tersebut ya!.