Pelajari Bagaimana Generator Menghasilkan Listrik

Dorongan untuk energi bersih adalah prioritas utama di seluruh dunia dan langkah pertama adalah mempelajari bagaimana generator menghasilkan listrik. Ada beberapa jenis generator yang menghasilkan tenaga, namun semuanya menggunakan konsep dasar pembangkit listrik yang sama.

Pertama, sedikit sejarah tentang proses produksi pembangkit listrik. Antara tahun 1821 dan 1831, seorang ilmuwan Inggris, Michael Faraday, menemukan cara mengubah energi mekanik menjadi listrik yang dapat digunakan. Dia juga menemukan bahwa ketika sebuah konduktor, seperti kawat tembaga, digerakkan di sepanjang medan magnet, arus listrik akan mengalir melalui kawat konduktif.

Dia melanjutkan studinya tentang medan magnet di sekitar kawat dan kemudian menemukan perangkat putar elektromagnetik yang berkembang menjadi apa yang sekarang kita kenal sekarang sebagai motor listrik dan generator. Perbedaan antara motor dan generator adalah bahwa motor mengeluarkan energi dan generator menghasilkan energi.

Namun, ada kesalahpahaman tentang bagaimana generator menghasilkan listrik karena mereka tidak selalu menghasilkan listrik; mereka hanya tampak menciptakan listrik. Generator pada dasarnya “mendorong” elektron yang sudah ada dalam gulungan kawat generator ke beban eksternal di ujung lain konduktor (seperti perangkat elektronik).

Di dunia modern, bagaimana generator menghasilkan listrik sangat menakjubkan sampai pada titik di mana mereka sekarang dapat menghasilkan listrik dengan lebih murah dan dengan sedikit atau tanpa produk sampingan berbahaya yang dihasilkan selama penciptaan listrik. Meskipun metode hebat ini ada, hanya sebagian kecil (sekitar 2,8%) dari daya yang dihasilkan di dunia melalui metode yang aman untuk menghasilkan energi.

Berikut adalah beberapa jenis generator penghasil listrik di luar sana yang mencemari lingkungan dengan satu atau lain cara:

1. Pembangkit Listrik Tenaga Batubara – Pembangkit membakar batubara untuk menghasilkan uap yang memutar turbin yang memutar rotor dalam generator besar. Tanaman ini menghasilkan salah satu tingkat polutan tertinggi di seluruh dunia termasuk karbon dioksida, nitrogen dioksida, dan sulfur dioksida (yang menghasilkan hujan asam). Ada juga sejumlah besar merkuri yang dikeluarkan yang dapat diserap oleh ikan dan mengancam rantai makanan.

2. Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Minyak – Pembangkit membakar bahan bakar fosil untuk menghasilkan uap yang memutar turbin yang memutar rotor dalam generator besar. Metode ini sama berbahayanya dengan batu bara, juga menyebabkan gas beracun tingkat tinggi memasuki atmosfer.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir – Pembangkit menggunakan uranium untuk menghasilkan tenaga seperti dua metode sebelumnya. Meskipun lebih sedikit racun yang masuk ke atmosfer selama proses tersebut, limbah yang dihasilkan setelah bahan bakar dikeluarkan sangat beracun bagi lingkungan dan sangat sulit untuk dibuang.

Meskipun masih ada beberapa sumber energi yang digunakan saat ini yang menghasilkan sebagian besar polusi dunia (seperti yang disebutkan di atas), ada dorongan yang pasti untuk menciptakan sumber energi hijau yang akan menurunkan polusi keseluruhan ke atmosfer. Faktanya, ada sedikit generator magnet yang diketahui dapat menghasilkan listrik sendiri tanpa menggunakan bahan bakar yang mematikan lingkungan atau pengaruh mekanis.

Prinsip dasar bagaimana generator menghasilkan listrik adalah dengan memutar atau menggerakkan benda konduktif secara terus menerus melalui garis gaya elektromagnetik yang dihasilkan oleh magnet terpolarisasi berlawanan yang mengelilingi benda bergerak. Semakin besar magnet yang digunakan menentukan seberapa besar listrik yang akan dihasilkan.

Ingat, generator listrik adalah alat yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Ini sangat mirip dengan pompa air di mana pompa “mendorong” air melalui pipa. Magnet generator menarik atau “mendorong” elektron yang secara alami ditemukan di dalam konduktor di sepanjang konduktor (pipa) ke beban (perangkat elektronik).

Untuk melengkapi konsep bagaimana generator menghasilkan listrik, Anda harus memahami perbedaan potensialnya. Perbedaan potensial ini (dikenal sebagai tegangan positif dan negatif) dibuat ketika elektron tereksitasi pada salah satu ujung konduktor. Ini menciptakan gerakan virtual melalui konduktor ke beban (televisi, komputer, atau perangkat elektronik lainnya).

Memahami bagaimana generator menghasilkan listrik akan membantu Anda menyadari kebutuhan akan cara yang lebih efisien dan tidak terlalu beracun untuk menghasilkan tenaga. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana generator menghasilkan listrik dan lihat apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tagihan listrik murah dengan menggunakan energi hijau dan mengurangi penggunaan listrik Anda.

Jason W. Moser adalah teknisi teknik kelistrikan dan peneliti antusias konsep energi hijau, terutama berfokus pada energi hijau untuk tagihan listrik murah.

Dia suka berbagi temuan penelitian online dengan orang lain melalui artikelnya di sini.

“Dengan menghemat sedikit daya di rumah, Anda membuat perbedaan besar di dunia!”

 

Sumber Artikel: Sewa Genset Pekanbaru