pegagan

Obat Herbal Penurun Panas Di Sekitar Kita

Mengenali Obat Herbal Penurun Panas

Tahukan Anda obat herbal penurun panas?

Obat herbal penurun panas adalah obat untuk menurunkan panas demam secara alami tanpa bahan kimia. Adapun  cara alami tersebut adalah dengan menggunakan bahan herbal atau media yang ada di sekitar kita.

Mengenal bahan alami ataupun obat herbal di sekitar kita adalah sangat bermanfaat. Karena dengan mengkonsumsi obat herbal atau menggunakan cara alami biasanya lebih aman apabila dilakukan dengan benar. Dan kemungkinan efek sampingnya sangat kecil. Serta bahan alami biasanya mudah untuk mendapatkannya.

pegagan obat herbal penurun panas
pegagan obat herbal penurun panas

Tindakan sederhana yang dapat dilakukan untuk menurunkan panas demam

Minum air hangat, menempelkan kain basah di bagian kepala dan mandi air hangat atau beristirahat total adalah sebagian metoda alami untuk menurunkan panas.

Mengompres dengan air hangat dapat membantu mengurangi panas tubuh. Suhu yang hangat dapat membuat pembuluh darah melebar sehingga membuat tubuh mengeluarkan keringat dan panas dapat keluar. Dengan demikian suhu tubuh akan menurun secara alami.

Masukkan kain lap ke dalam wadah yang berisi air hangat lalu peras kain itu. Kemudian tempelkan pada daerah ketiak. Tempelkan kurang lebih sepuluh hingga lima belas menit.

Tanda Tanda Panas atau Demam

Seseorang sedang mengalami demam atau panas apabila suhu tubuhnya melebihi 37 °C. Karena normalnya suhu tubuh orang adalah 37 °C . Penyebab deman ini mungkin peradangan, infeksi atau penyakit yang lainnya.

Berkeringat, kedinginan atau menggigil, sakit kepala, nyeri otot, hilangnya selera makan adalah beberapa tanda yang lain dari demam.

Demam merupakan suatu petunjuk bahwa sel darah putih sedang melawan suatu virus, bakteri atau parasit.

Demam umum terjadi pada setiap orang dan sebagian besar pernah mengalaminya. Namun keadaan ini tidak bisa terus dibiarkan. Sehingga harus ada penanganan untuk menurunkan demam.

Parasetamol adalah obat penurun panas yang umum dijual di apotik dan toko obat.

Beberapa obat herbal penurun panas

1. Jahe

Rempah jahe sudah sangat umum dimanfaatkan untuk mengatasi panas demam. Bahan yang sering kita jumpai di dapur ini mengandung zat yang dapat melawan bakteri dan virus. Dan jahe juga memiliki sifat anti radang.

2. Kunyit

Selain jahe kunyit juga sangat populer untuk menurunkan panas demam. Dikenal sebagai bumbu masakan. Seperti halnya jahe kunyit juga memiliki zat anti radang dan anti bakteri.

Anda juga bisa memanfaatkan kunyit untuk membantu mengurangi derita batuk pilek, radang tenggorok dan mual mual.

Walaupun demikian masih perlu adanya penelitian ilmiah tentang manfaat dan khasiat dari kunyit ini.

3. Daun Pegagan

Banyak orang yang sudah memanfaatkan daun pegagan untuk menangani gangguan kulit. Daun pegagan bagus untuk mengobati gatal-gatal atau eksim dan menyembuhkan luka.

Daun pegagan juga memiliki zat anti radang dan anti bakteri.

4. Sambiloto

Sambiloto memang memiliki rasa yang sangat pahit yang khas. Walaupun begitu sambiloto kerap orang-orang manfaatkan untuk mengatasi masalah batuk, pilek dan gangguan pencernaan. Sebagian orang juga memanfaatkannya untuk mengatasi radang tenggorokan.

Masih ada beberapa lagi tumbuhan dan herbal yang sebagian masyarakat percaya dapat menurunkan panas seperti brotowali dan lainnya.

Manfaat bahan-bahan herbal tersebut populer secara turun temurun dari orang-orang tua kita. Mereka telah merasakan manfaatnya dengan mengkonsumsinya setelah mengolahnya secara tradisional. Namun secara ilmiah masih perlu ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiatnya.

Walaupun demikian sudah banyak industri-industri yang mengembangkan obat herbal yang siap untuk dikonsumsi. Biasanya obat-obat herbal tersebut ada dalam bentuk kapsul.

Memeriksakan diri ke dokter apabila demam terus berlanjut

Apabila demam atau panasnya terus berlanjut dan tidak ada perubahan maka silahkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Apalagi bila muncul gejala-gejala lain yang serius maka sangat kami sarankan untuk mendapatkan pemeriksaan secara medis.

Untuk memperoleh informasi tentang obat herbal yang lainnya silakan kunjungi:

https://www.annurherbal.com/