Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Kulit Sehat

Menggunakan Aloe Vera Gel untuk Kulit Sehat

Aloe vera gel terbukti baik untuk pemeliharaan kesehatan kulit dan rambut. Majunya teknologi dan ilmu pengetahuan memiliki peranan penting dalam pemanfaatan aloe vera menjadi bahan baku industri kosmetik, farmasi, hingga makanan dan minuman.  Dari banyaknya manfaat, dalam artikel ini menjabarkan mengenai aloe vera gel sebagai bahan baku produk perawatan tubuh.

Sejumlah brand menawarkan produk aloe vera gel terbaik, sebut saja The Saem, Nature Republic dan Innisfree. Masing-masing mengklaim bisa memberikan hasil perawatan yang bervariasi. Sebelum Anda memilih produk, simaklah lebih dahulu efek baik dan cara untuk memilih aloe vera gel yang baik.

Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kulit

Dari dahulu, tumbuhan lidah buaya banyak digunakan menjadi obat penyembuh luka dan skincare, khususnya kulit wajah, kulit tubuh, hingga rambut. Tanaman yang mudah ditemui pada wilayah kering Afrika ini terkenal dengan nama aloe vera. Ada dua bagian yang umumnya diambil pada aloe vera, yakni gel pada bagian tengah kulit dan lateks di sel-sel yang ada tepat di bagian bawah lapisan kulit aloe vera.

Aloe vera gel yang asli dan alami mempunyai warna bening. Tekstur kenyal mengakibatkan aloe vera gel kerap digunakan menjadi komponen utama untuk obat alami atau krim, salep, lotion dan semacamnya. Dalam banyak temuan, aloe vera gel lembut dan ramah untuk kulit, sehingga banyak digunakan pada kulit sesnitif dan kering untuk pembersih alami, misalnya pembersih makeup.

Produk dengan bentuk lotion atau pelembap yang dilengkapi aloe vera gel juga sanggup menangani efek terbakar sinar matahari. Banyaknya kandungan di dalamnya bisa menyembuhkan kulit yang terbakar sinar UV dan memberikan kelembapan alami pada kulit yang telah hilang. Dengan kata lain, aloe vera gel berguna untuk membuat kulit menjadi lebih nyaman.

Berpatokan dari banyak riset, aloe vera gel kaya terhadap kandungan zat seperti mineral, enzim, asam amino, polisakarida, vitamin dan senyawa lain yang berguna untuk kesehatan. Untuk bahan kecantikan, lidah buaya memberikan efek positif berupa mengatasi jerawat, penghapusan bekas luka, detoksifikasi kulit dan sebagai anti aging.

Pada sejumlah negara, misalnya Korea Selatan, aloe vera gel sering diolah jadi bahan alami untuk membuat kulit lebih segar dan halus. Anda dapat menggunakan ekstrak tumbuhan ini pada seluruh tubuh, misalnya lutut, tumit dan sikut agar membantu membuat warnanya lebih cerah. Sedangkan bagi rambut, aloe vera gel memiliki peran membuat rambut lebih halus dan subur.

Cara Memilih Aloe Vera Gel

Apakah Anda membutuhkan aloe vera gel untuk perawatan rambut dan skincare harian? Tidak peduli untuk wanita maupun pria, lebih baik pertimbangkan 2 poin di bawah ini ketika ingin memilih produk aloe vera gel di pasaran.

  • Perhatikan Kemasan Aloe Vera Gel

Hal pertama yang harus Anda ingat yaitu mencermati berapa besar kandungan ekstrak aloe vera dari setiap produk. Bila Anda mau menikmati pengaruh maksimal dari aloe vera, utamakan produk yang memiliki kandungan aloe vera gel minimal 90%, dan sisanya adalah kandungan pendukung lain, seperti whitening agent dan pelembap.

Walau tercantum persentase ekstrak aloe vera pada kemasan produk, harus cermat dengan permainan kata dari produsen. Jika tertulis keterangan “100% Gel”, “100% Pure Gel” atau “Aloe Vera 100% Gel”, maka Anda harus waspada dengan kandungan di dalamnya. Bisa jadi bukan aloe vera gel murni, namun hanya gel alami. Untuk produk yang memiliki kandungan gel lidah buaya asli biasanya memiliki keterangan “100% Aloe Vera Gel” atau “99% Pure Aloe Vera”.

  • Cermati Kandungan UtamaAloe Vera Gel

Harus rajin dalam memeriksa kandungan dari produk skincare atau makeup setiap kali Anda ingin membelinya. Termasuk ketika beli produk aloe vera gel, pastikan kandungan yang ada bukan mengutamakan air, melainkan aloe vera gel. Untuk mengetahui hal ini, cermati tabel kandungan pada produk.

Sama dengan kandungan bahan pada makanan, komponen paling utama dari produk aloe vera gel ditempatkan pada urutan pertama. Bila ada kadar persentase, Anda dapat lebih mudah memahami berapa persen penggunaan ekstrak lidah buaya di dalamnya. Perlu diketahui lebih banyak kandungan air water atau gel lidah buaya.

Pilih Aloe Vera Gel yang Aman untuk Kulit

Apakah Anda punya kondisi kulit yang rentan iritasi? Bila iya, Anda memerlukan gel lidah buaya untuk kulit sensitif. Direkomendasikan untuk Anda agar mengutamakan produk tanpa tambahan pewarna, pewangi, dan paraben untuk mencegah reaksi yang menyebabkkan iritatisi. Penggunaan aloe vera pada kulit bisa memberi rasa tenang di kulit sekaligus menambah daya tahan kulit sensitif. Aloe vera gel yang tidak memiliki kandungan zat aditif juga dianggap aman untuk semua tipe kulit. Contohnya pada kulit acne prone, produk tang tidak memiliki zat aditif dengan formula oil free bisa mencegah terbentuknya jerawat baru.