Mengetahui 7 Macam Rumah Joglo yang Miliki Kekhasan Khusus!

Rumah Joglo sebagai rumah kebiasaan unik dari tanah Jawa. Tidak hanya punya daya pikat serta kekhasan khusus, Rumah Joglo pun punya nilai filosofis dengan penampakan susunan bangunan yang estetik namun manfaatnya selalu sama dengan penduduk kekinian seperti saat ini.

Realitanya, Rumah Joglo terdiri dalam beberapa tipe yang masing-masingnya punya kekhasan khusus. Selaku buah pikiran, kesempatan ini Kania bakal membawa kamu buat mengetahui macam-macam Rumah Joglo bersama ciri-cirinya. Nah, buat mengenali secara detail, baca artikel Kania di bawah ini, yok!

Rumah Joglo Sinom

Macam pertama yaitu Rumah Joglo Sinom. Rumah Joglo ini punya prinsip sebagai peningkatan dari Rumah Joglo dengan teras keliling. Tanda-tanda uniknya, Rumah Joglo Sinom ditambahkan dengan 36 tiang atau saka, di mana empat salah satunya sebagai tiang besar inti atau dikatakan dengan juga saka guru. Berubah ke sisi atap, Rumah Joglo Sinom punya segi yang dipisah jadi empat sisi dengan tiap-tiap segi yang punya tiga kelas dengan 1 bubungan.

Rumah Joglo Pangrawit

Setelah itu, ada bentuk Rumah Joglo Pangrawit yang punya ciri-khas berwujud gambar menggantung dengan atap bersifat kubah. Di tiap-tiap pojok Rumah Joglo Pangrawit, kamu dapat juga lihat terdapatnya tiang atau saka. Waktu ini, bentuk arsitektur Rumah Joglo Pangrawit pun banyak dipakai di beberapa rumah kekinian maka kamu barangkali gak asing waktu memandangnya.

Rumah Joglo Jompongan

Juga ada Rumah Joglo Jompongan dengan kepribadian atap yang terdiri dari 2 skema bersifat bubungan yang dibentuk memanjang ke segi kanan serta kiri. Diluar itu, Rumah Joglo Jompongan pun punya kekhasan berwujud pemanfaatan pintu geser dan denah lantai yang bersifat bujur sangkar. Punya bentuk kesemuanya yang kelihatan lebih sederhana dibanding dengan Rumah Joglo yang lain, macam rumah yang satu berikut lantas kebanyakan tak menempatkan banyak hiasan maupun ornament di sisi atap.

Rumah Joglo Mangkurat

Sesuai sama Rumah Joglo yang lain, macam yang satu berikut pun punya ciri-khas khusus. Waktu lihat sisi atap Rumah Joglo Mangkurat, kamu bakal lihat skema tiga kelas dengan kemiringan yang berlainan. Saat itu, pada sisi tengah atap dari Rumah Joglo ini kebanyakan dibentuk makin tinggi.

Rumah Joglo Hangeng

Apabila ketimbang dengan Rumah Joglo Pangrawit maupun Mangkurat, bentuk Rumah Joglo yang satu berikut punya ukuran atap inti paling besar. Diluar itu, Rumah Joglo Hangeng pun ditambahkan dengan tratak keliling maka membentuk kesan-kesan besar seperti suatu istana.

Rumah Joglo Banyolan

Diluar itu, juga ada Rumah Joglo Banyolan yang punya tanda-tanda bentuk atap dengan kesan-kesan simple serta terdiri dari 2 kelas. Rumah Joglo Banyolan pun ditambahkan atap sisi bawah yang mempunyai bentuk lebar serta miring, namun sisi atasnya dibentuk meruncing.

Rumah Joglo Panggang Pe

Paling akhir yaitu Rumah Joglo Panggang Pe yang punya sejarah buat dipakai selaku warung dan hunian. Diluar itu, Rumah Joglo yang satu berikut pun punya kepribadian berwujud empat sampai enam buah saka. Kekhasan yang lain, Rumah Joglo ini pun terdiri kembali jadi beberapa macam, seperti Empyak Setangkep, Gedhang Setangkep, Gedhang Salirang, Trajaumas, Bersamaan, serta Cere Gancet.

Semasing Rumah Joglo di atas punya ciri-khas khusus yang kebanyakan bisa disaksikan dari wujud atap maupun ornament yang dipakai. Di masa kekinian seperti saat ini, apa kamu berkeinginan untuk membentuk rumah eksotis serta penuh peristiwa seperti Rumah Joglo? Kamu dapat, lho membawa prinsip Rumah Joglo kekinian!

Perlu diingat dapatkan pun buah pikiran menarik yang lain tentang home serta living cuma di Frillium! Tidak hanya artikel, kamu dapat juga sekalian beli beberapa mebel jepara serta piranti rumah lewat cara online. Yok, singgahi halaman Frillium!