Mendeteksi Kamera Tersembunyi dengan Android, Agar Lebih Waspada

 

Kamera pengintai atau kamera tersembunyi yang biasa disebut bersama dengan Closed-circuit television (CCTV), paket CCTV murah udah tak asing kembali penggunaannya waktu ini. Pada biasanya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan. Dulu CCTV banyak dipakai di didalam industri-industri layaknya militer, bandara, toko, kantor, pabrik dan daerah umum lainnya. Kini, CCTV termasuk udah banyak digunakan untuk memantau keamanan tempat tinggal pribadi.

 

Mudahnya beroleh perangkat CCTV sebabkan pemanfaatan teknologi ini semakin masif. Celakanya, sebagian oknum khusus gunakan kamera pengintai untuk hal negatif. Kamera pengintai ini disembunyikan di daerah khusus untuk mengintai aktivitas yang bersifat pribadi.

Telah banyak perihal ditemukannya kamera tersembunyi di kamar mandi, kamar hotel, bahkan ruang ubah pakaian. Hal semacam ini tentu saja meresahkan, terlebih bagi para wanita. Kamera pengintai sanggup ditaruh ditempat yang tidak disadari bahkan didalam ukuran paling kecil sekali pun.

Agar lebih waspada, tersedia sebagian cara untuk mendeteksi adanya kamera tersembunyi. Salah satunya adalah bersama dengan gunakan smartphone Android yang dimiliki. Berikut cara mendeteksi kamera tersembunyi bersama dengan Android.

Meskipun kemungkinan terlihat layaknya dil film, kamu sebetulnya sanggup gunakan ponsel cerdasmu untuk mendeteksi kamera tersembunyi, serta perangkat pengintai lainnya. Secara umum, tersedia dua metode yang sanggup digunakan untuk mendeteksinya.

Yang pertama adalah bersama dengan gunakan perangkat keras smartphone untuk mendeteksi medan elektromagnetik. Dengan pemasangan satu aplikasi, kamu sanggup mengarahkan ponselmu di kurang lebih daerah yang kamu curigai punya kamera tersembunyi, dan terkecuali bidang yang kuat terdeteksi, kamu sanggup yakin tersedia kamera yang disekresi di didalam dinding atau objek.

 

Cara lain yang sanggup digunakan smartphone adalah bersama dengan mendeteksi pantulan cahaya dari sebuah lensa. Meskipun metode ini tidak memadai sanggup diandalkan, cara ini patut jadi pilihan.

Cara lain adalah bersama dengan memindai jaringan Wi-Fi. Jika kamu punya akses, kamu sanggup memindai jaringan Wi-Fi untuk perangkat yang nampak layaknya kamera. Tetapi ini hanya dapat mendapatkan kamera yang membuka ke jaringan.

 

Cara mendeteksi kamera bersama dengan jaringan Wi-Fi

Banyak daerah yang sediakan layanan hotspot. Kami sanggup gunakan jaringan Wi-Fi bersama dengan aplikasi bernama Fing untuk mendeteksi kamera tersembunyi. Fing merupakan aplikasi iPhone dan Androidyang amat mungkin kamu untuk masuk ke lebih banyak fitur berkenaan pendeteksi jaringan.

Cara kerjanya adalah untuk menyaksikan seluruh perangkat yang membuka ke jaringan lokal. Hubungkan ponsel atau tabletmu ke jaringan dan sesudah itu membuka Fing.

Di Android, ketuk tombol “Refresh” di kanan atas layar aplikasi untuk mengawali dan setuju untuk menambahkan izin lokasi aplikasi.

Tunggu aplikasi selesai memindai, lalu menyaksikan daftar perangkat yang ditemukan. Kamu tengah menyaksikan perangkat di jaringan yang diidentifikasi aplikasi, Kamu sanggup mengawasi apa pun yang menunjukkan pemilik kamera (seperti Nest, Arlo, atau Wyze), atau daftar sebagai “IP Camera.”

 

Cara mendeteksi kamera bersama dengan kamera Android

Jika kamu susah mendeteksi kamera bersama dengan jaringan Wi-Fi, kamu sanggup mendeteksinya bersama dengan mengenali lampu inframerah. Sebagian besar kamera tersembunyi gunakan inframerah untuk penglihatan malam. Sementara cahaya inframerah tidak nampak oleh mata telanjang, kamu udah punya perangkat yang sanggup membantu, ponsel pintarmu.

Beberapa smartphone punya filter untuk halangi cahaya inframerah pada kamera utama mereka, namun terlampau sedikit dari mereka yang punya filter pada kamera depan. Untuk pilih kamera mana yang dapat bekerja, ambil remote inframerah layaknya remote TV. Arahkan ke kamera utama ponsel dan tekan tombol. Jika kamu menyaksikan cahaya di layar, maka itu sanggup mendeteksi inframerah. Jika tidak, coba kembali bersama dengan kamera lainnya.

Setelah pilih kamera terbaik untuk digunakan, matikan lampu di ruangan yang inginkan dideteksi. Kemudian nyalakan kamera ponsel dan mulailah mencari lampu bercahaya. Kamera IP tidak punya konfigurasi standar apa pun supaya kamu kemungkinan menyaksikan hanya satu, empat, enam, atau paduan lampu lainnya. Biasanya berwarna ungu, namun kadang kala nampak putih.

 

Menggunakan aplikasi Hidden Camera Detector App

Sesuai namanya, aplikasi Hidden Camera Detector gunakan sensor magnetik dan sensor inframerah di ponsel untuk mendeteksi kamera tersembunyi. Ia gunakan medan elektromagnetik (EMF) untuk mendeteksi kamera yang tidak nampak dan berbunyi bip waktu tersedia kecocokan positif. Dengan lebih dari 1 juta instalasi di Google Play, aplikasi ini pasti terlampau populer.

Untuk akurasi sensor magnetik yang lebih besar, gerakkan kamera ponsel sedekat kemungkinan ke perangkat yang dicurigai. Kamu kemungkinan inginkan menyaksikan di bawah kenop pintu, ventilasi, kepala pancuran, kap lampu dan bahkan gantungan baju.

Sebagian besar kamera tersembunyi tidak nampak oleh mata telanjang dan tetap pada objek yang paling tidak kamu curigai. Kamera inframerah membantumu beroleh penampilan sudut lebar ruangan, dan kamu hanya perlu mengawasi cahaya putih.

Salah satu keluhan umum bersama dengan aplikasi ini adalah bahwa aplikasi ini sensitif pada logam, supaya kemungkinan berbunyi bip di daerah yang tidak terduga bahkan kala tidak tersedia lensa di dekat objek. Namun, cocok pedoman aplikasi, kamu hanya perlu mengkalibrasi sensitivitas magnetometer pada 60 sampai 80 untuk menghilangkan deteksi palsu.