Manfaat Jeruk Dalam Melancarkan Pencernaan

Manfaat Jeruk Dalam Melancarkan Pencernaan – Jeruk, siapa yang tak menyukai buah satu ini, bahkan ada rasanya yang asam juga banyak yang menyukainya. Namun tetap saja kebanyakan orang akan lebih memilik untuk mengkonsumsi jeruk yang mempunyai rasa manis.

Buah satu ini banyak pengemarnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai buah satu ini, terlebih lagi jika jeruk diolah menjadi olahan makanan dan minuman.

Nah jika kamu suka dengan buah jeruk, pastinya kamu harus tahu manfaat yang akan kamu dapatkan. Jeruk mengandung tinggi serat, vitamin C dan antioksidan.

Kandungan-kandungan tersebut tentunya sangat baik untuk kesehatan, untuk itu berikut beberapa manfaat buah jeruk bagi tubuh :

1. Mencegah terkena anemia

Anemia merupakan gejala akibat kesehatan dimana kekurangan sel darah merah dalam tubuh, tentunya hal ini dapat membuat penderitanya merasa mudah kantuk, lelah, letih, lesu, wajah pucar dan kurang semangat.

Akan tetapi jika kamu rutin mengkonsumsi buah jeruk, maka kemungkinan besar kamu akan dapat terhindar dari masalah satu ini. Hal ini dikarenakan jeruk memiliki beberapa kandungan mineral dan zat besi yang mampu memicu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Baca juga : Jeruk asam Vinger lime yang tak banyak orang tahu

2. Mencegah bayi lahir cacat

Manfaat selanjutnya dari buah jeruk ialah diklaim dapat mencegah resiko bayi lahir dengan cacat.

Pada dasarnya, senyawa folat dibutuhkan oleh semua wanita, tetapi kebutuhannya menjadi amat penting ketika mereka tengah hamil ataupun sedang menjalankan program hamil.

Untuk itu buah jeruk adalah salah satu sumber folat yang baik untuk ibu hamil, karena mampu berperan untuk membantu mencegah terjadinya gangguan pembentukan otak serta tabung saraf, seperti anensefali dan spina bifida, pada bayi.

3. Mengurangi kolesterol jahat

Manfaat buah jeruk berikutnya yaitu dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat atau lemak jenuh dari makanan kedalam tubuh. Tentunya hal ini akan berdampang kepada kurangyan kadar kolesterol dalam darah.

Disamping itu, kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah juga dapat berguna dalam mengoksidasi penumpukan plak kolesterol pada pembuluh darah.

Baca juga : Beberapa tanaman herbal untuk atasi demam

4. Melancarkan sistem pencernaan

Ada banyak makanan yang menggunakan kulit jeruk untuk disajikan bersama daging merah.

Hal ini dikarenakan kulit jeruk dapat membantu mencerna makanan berlemak. Oleh karenanya banyak para ahli yang menganjurkan untuk mengonsumsi segelas air lemon demi menjaga pencernaan.

Air lemon diketahui dapat membantu membersihkan sampah makanan yang tertinggal dalam pencernaan. Akan tetapi bagi kamu yang mempunyai masalah pada area lambung, sebaiknya perlu konsultasi ke dokter, guna agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dikuti dari American Journal of Clinical Nutrition bahwa buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat tinggi.

Diketahui satu porsi jus jeruk memiliki lebih dari 200% kebutuhan vitamin C tubuh. Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, berfungsi sebagai antioksidan utama dalam tubuh yang berguna untuk menghancurkan atau menetralkan radikal bebas.

Disamping itu, kandungan asam askorbat merupakan salah satu komponen dasar kolagen yang sangat diperlukan oleh untuk dalam upaya memperbaiki sel serta berguna untuk pertumbuhan jaringan baru dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa Manfaat Jeruk Dalam Melancarkan Pencernaan. Pastinya harus kamu coba dan konsumsi buah jeruk secara rutin.