Manfaat Google Classroom Sebagai Media E-Learning

Google Kelas adalah rangkaian alat produktivitas gratis dari Google, termasuk Gmail, Drive, dan Dokumen, tersedia untuk pengguna Google Apps for Education.

Google Kelas bertujuan untuk membantu guru atau guru membuat dan mengumpulkan tugas tanpa kertas. Berisi fitur hemat waktu untuk guru, mis. B. kemampuan untuk membuat salinan Google Dokumen untuk setiap siswa secara otomatis.

Ruang kelas juga dapat membuat folder drive untuk setiap tugas dan untuk setiap siswa agar semuanya tetap teratur.

Keunggulan Google Classroom sebagai media e-learning

Proses penyiapan yang lebih cepat dan nyaman

Proses penyiapan di Google Kelas sangat cepat dan nyaman dibandingkan dengan memasang LMS lokal atau mendaftar dengan penyedia LMS. Guru hanya perlu mengakses aplikasi Google Kelas dan berbagi tugas dan materi pelajaran.

Pengajar dapat melakukannya dengan menambahkan daftar siswa atau dengan membagikan kode unik yang memungkinkan akses ke kelas di Google Kelas.

Google Kelas lebih sederhana dan lebih mudah digunakan, membuatnya ideal untuk guru dengan pengalaman e-learning yang berbeda.

Menghemat waktu

Siswa tidak perlu lagi mengunduh tugas yang diberikan guru. Guru juga perlu membuat dokumen secara online dan mendistribusikannya kepada siswanya.

Dengan aplikasi Google Kelas, pengajar juga dapat membuat papan peringkat, memberikan masukan untuk semua tugas, dan memberikan peringkat.

Jadi ada potensi untuk menghemat banyak waktu bagi keduanya. Baik siswa maupun guru. Semuanya paperless (tanpa kertas). Sehingga tidak ada waktu yang terbuang untuk mendistribusikan dokumen fisik dan siswa dapat mengerjakan tugasnya secara online dengan baik.

Hal ini memudahkan mereka untuk memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan dan pembelajaran online dapat disesuaikan dengan rutinitas harian mereka.

Meningkatkan kolaborasi dan komunikasi

Salah satu keuntungan utama menggunakan Google Kelas adalah memungkinkan kolaborasi online yang efisien. Guru dapat mengirimkan pemberitahuan kepada siswanya untuk memulai diskusi online atau untuk memberi tahu mereka tentang aktivitas pembelajaran online tertentu.

Di sisi lain, siswa memiliki opsi untuk memberikan masukan kepada rekannya dengan memposting langsung ke aliran diskusi di Google Kelas. Dengan cara ini, ketika mereka membutuhkan bantuan karena mereka kesulitan memahami tugas atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik tertentu. Mereka bisa mendapatkan masukan langsung dari teman sekelas virtual mereka.

Pada dasarnya, Google Kelas meningkatkan aspek pembelajaran sosial dari pendidikan online sehingga siswa dapat memanfaatkan pengalaman dan keterampilan teman sebayanya.

Penyimpanan data terpusat

Semuanya di satu tempat dengan Google Kelas. Peserta didik dapat melihat semua tugas mereka dalam folder tertentu. Pengajar dapat menyimpan materi dan aktivitas e-learning untuk tahun ajaran di cloud, dan setiap penilaian atau nilai dapat dilihat di aplikasi.

Anda tidak perlu khawatir kehilangan dokumen atau tinjauan yang hilang karena semuanya disimpan di LMS gratis ini.

Berbagi sumber daya dengan cepat

Moderator atau guru dan pelatih online memiliki kesempatan untuk berbagi informasi dan sumber daya secara online dengan siswa mereka. Alih-alih harus memperbarui kursus e-learning atau mengirim email individu ke setiap siswa.

Mereka cukup mengakses aplikasi Google Kelas dan mendistribusikan tautan ke sumber daya online tambahan dan materi e-learning untuk digunakan siswa mereka.

Ini memberi siswa kesempatan untuk mendapatkan informasi tentang pelajaran saat ini di waktu yang tepat. Ini akan memungkinkan mereka untuk memahami materi dengan lebih baik dan memiliki akses ke perangkat multimedia yang dapat meningkatkan pengalaman e-learning mereka.

Itulah cara google classroom bekerja untuk kita-kita, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih sudah membaca.

Selengkapnya tentang panduan menggunakannya: https://www.hops.id/cara-google-classroom.