Lakukan Hal berikut Agar Anak Bisa Berprestasi Disekolah

prestasi anak

Apa itu prestasi?


Penting untuk mengakui dan mendukung pencapaian semua anak dan remaja. Ini dapat membantu mengembangkan kepercayaan diri dan motivasi mereka untuk belajar. Ini juga dapat membantu mereka untuk merefleksikan pembelajaran mereka sendiri dan merencanakan langkah selanjutnya yang sesuai.


Rentang pencapaian


Banyak anak muda mendapatkan kualifikasi formal di sekolah. Namun pembelajaran juga berlangsung di luar kelas, di rumah dan di masyarakat luas.


Prestasi mencakup pembelajaran di bidang lain kehidupan sekolah, dan dalam berbagai kegiatan yang melibatkan anak- anak dan remaja, misalnya


• hobi dan minat, seperti berpartisipasi dalam olahraga
• karya pemuda
• sukarela
• merawat kerabat
• kegiatan yang mereka lakukan dalam kehidupan sekolah, seperti Eco Schools atau Buddying
• penghargaan atau program yang diakui, seperti Duke of Edinburgh’s Award atau John Muir Award.

baca juga : tutor private, les privat matematika


Melalui kegiatan ini, mereka mengembangkan keterampilan penting untuk belajar, keterampilan untuk hidup dan keterampilan untuk bekerja yang dapat menjadi nilai nyata bagi mereka saat mereka tumbuh dewasa.


Kita perlu mengenali berbagai pencapaian dan membantu anak- anak dan remaja kita memahami keterampilan yang mereka miliki. Adalah penting bahwa mereka mampu menunjukkan dan menjelaskan keterampilan ini kepada orang lain, dan membangun keterampilan ini. Penting bagi Anda untuk mendorong anak Anda untuk memberi tahu sekolah mereka tentang pencapaian mereka di luar kelas.

baca juga : tutor private, biaya les privat per hari


6 cara mengajari anak meraih prestasi akademik!

prestasi anak


1. Dorong Mereka untuk Menetapkan Tujuan


Salah satu cara terbaik untuk membantu anak Anda mencapai prestasi akademik adalah dengan mendorong mereka untuk menetapkan tujuan. Ini akan memberi mereka sesuatu untuk diusahakan dan diperjuangkan. Bantu mereka memecah tujuan mereka menjadi bagian- bagian kecil yang dapat dikelola sehingga mereka dapat melihat kemajuan mereka di sepanjang jalan.


2. Bantu Mereka Menciptakan Lingkungan Belajar yang Positif


Menciptakan lingkungan belajar yang positif di rumah sangat penting bagi anak- anak untuk berhasil di sekolah. Ini berarti memiliki tempat yang tenang bagi mereka untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka, jauh dari gangguan seperti televisi dan game. Ini juga berarti memberi mereka persediaan yang mereka butuhkan, seperti pensil, kertas, dan buku pelajaran.

baca juga : les calistung terdekat, biaya les privat jakarta


3. Dorong Mereka untuk Terlibat dalam Kegiatan Ekstrakurikuler


Kegiatan ekstrakurikuler adalah cara yang bagus bagi anak- anak untuk berteman, bersenang- senang, dan mempelajari keterampilan baru. Dorong anak Anda untuk terlibat dalam kegiatan yang menarik minat mereka. Ini bisa berupa tim olahraga, klub, atau kelompok lain.


4. Bantu Mereka Tetap Terorganisir


Menjadi terorganisir adalah kunci sukses di sekolah. Bantu anak Anda melacak tugas, proyek, dan ujian mereka. Ajari mereka bagaimana mengatur waktu mereka dan tetap di atas pekerjaan mereka.


5. Dorong Mereka untuk Bertanya


Dorong anak Anda untuk bertanya di kelas. Ini akan membantu mereka memahami materi dengan lebih baik dan berpartisipasi dalam diskusi. Ini juga akan menunjukkan kepada mereka bahwa mereka terlibat dalam pelajaran.


6. Mempromosikan Cinta Belajar


Salah satu cara terbaik untuk membantu anak Anda berhasil di sekolah adalah dengan mempromosikan kecintaan belajar. Bantu mereka menemukan buku, artikel, dan situs web yang menarik bagi mereka. Dorong mereka untuk mengajukan pertanyaan dan mengeksplorasi topik baru.