Jurusan Agribisnis yang Perlu Kamu Ketahui

Dari kata Agri atau Agro, pertama-tama kita dapat menarik kesimpulan bahwa Argribisnis adalah sebuah jurusan yang berhubungan dengan pertanian. Menurut KBBI, agribisnis adalah perusahaan pertanian, sedangkan agribisnis sendiri dikenal dengan sebutan Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Oleh karena itu, perdagangan atau agribisnis yang menguntungkan merupakan faktor yang tidak dapat dipisahkan dalam agribisnis. Mahasiswa agribisnis tidak hanya belajar seluk beluk bertani, tetapi juga bagaimana memaksimalkan manfaat dari setiap produk pertanian yang mereka hasilkan.

Mari lebih spesifik. Mata pelajaran apa yang dipelajari di bidang agribisnis? Beberapa di antaranya adalah dasar-dasar pertanian, pengenalan ekonomi, koperasi dan pertanian, komunikasi dan perluasan pertanian, pemasaran hasil pertanian, kewirausahaan dan agribisnis tanaman pangan dan hortikultura.

Agribisnis, wilayah yang ternyata lebih luas dari pertanian saja

Meski kaya akan nuansa pertanian dan ekonomi, ternyata ruang lingkup agribisnis tidak sebatas pertanian saja sob. Sebagai perusahaan dagang, agribisnis membuat para praktisi berpikir tentang bagaimana menghasilkan produk yang menguntungkan.

Misalnya, Anda memilih membudidayakan ikan lele. Ini bukan hanya tentang belajar tentang lele, ini juga tentang menjualnya kepada pembeli yang memasak lele atau hanya di rumah. Ikan lele tidak hanya bisa dijual setelah panen, tapi juga bisa dijadikan pakan dengan harga yang lebih menguntungkan.

Produk lain apa yang dapat dikelola dari hulu ke hilir dengan cara ini? Saya ingin sekali, sobat. Agribisnis meliputi budidaya atau pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan. Selain itu, biofuel, produksi pakan ternak dan agrowisata merupakan bagian dari agribisnis.

Prospek karir yang luas, penawaran agribisnis tanpa akhir

Di sini Anda tidak lagi percaya bahwa agribisnis hanya mengacu pada petani yang bekerja di sawah, bukan? Konsep keberlanjutan dalam agribisnis tidak membatasi ruang lingkup atau prospek pekerjaan di wilayah tertentu. Dengan kata lain, agribisnis merupakan salah satu bidang di mana kita memiliki banyak peluang prospek karir di masa depan.

Misalnya, menjadi wirausaha yang mengelola penjualan sayur mayur, buah-buahan, dan berbagai kebutuhan rumah tangga secara online bisa menjadi pilihan alumni agribisnis profesional. Tentunya gelar Sarjana Agribisnis (S.Agr.) Di berbagai instansi pemerintah, lembaga penelitian, lembaga pendidikan dan di sektor swasta juga dibutuhkan.

Agribisnis, jurusan yang kurang tertarik dengan pendidikan tinggi

Meski terkait erat dengan bisnis, divisi pertanian termasuk dalam keluarga riset dan teknologi. Tergantung kampus masing-masing, tapi biasanya jurusan agribisnis ada di fakultas pertanian – bukan fakultas agribisnis sobat.

Jurusan agribisnis tidak seantusias jurusan iptek populer lainnya. Agribisnis Institut Pertanian Bogor, misalnya, menyambut 47 mahasiswa baru pada SBMPTN 2020 dengan 509 peminat pada 2019. Di jurusan Ekonomika dan Agribisnis Pertanian Universitas Gadjah Mada, sebanyak 28 mahasiswa baru akan mengikuti SBMPTN 2020 dengan peminat 371 tahun lalu.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Manajemen Agribisnis, Sobat Pintar dapat merencanakan gelar Magister dari Universitas Gadjah Mada atau Universitas Islam Riau. Pengelolaan agribisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh manajemen dalam merencanakan, mengatur, mengelola, mengendalikan, dan mengendalikan sumber daya guna menghasilkan hasil pertanian dengan keuntungan sebesar-besarnya.

Ketika anda mempelajari Agribisnis pada tingkat Magister, anda berharap usaha pertanian anda berjalan dengan baik sehingga profit atau profit juga meningkat.

Lagi butuh jasa tugas sekolah dan kuliah? bisa kunjungi tautan tersebut, jasa buat tugas bisa untuk mata kuliah apa saja & murah.