Jasa Studi Kelayakan Proyek Pembangunan Hotel

Studi kelayakan proyek pembangunan hotel merupakan hal yang harus dilakukan, mengingat hotel merupakan badan akomodasi yang menyediakan jasa penginapan dan makanan minuman bagi konsumen. Hotel merupakan salah satu solusi ketika Anda berlibur.

 

Selain liburan, keperluan istirahat di hotel juga seperti keperluan saat kunjungan kerja, istirahat saat perjalanan jauh saat Anda melakukan peralanan luar kota dan luar negara.

 

Cara Melakukan Studi Kelayakan Proyek Pembangunan Hotel

 

Usaha yang dapat pebisnis lakukan yaitu dengan cara melakukan studi kelayakan proyek pembangunan hotel dari aspek finansial, pasar, serta konstruksi teknisnya. Apakah suatu proyek pembangunan hotel dapat bermanfaat dan menghasilkan keuntungan bagi investor dapat dilihat dari aspek berikut ini.

 

1. Studi Kelayakan Finansial

Studi kelayakan proyek pembangunan hotel harus dapat melihat kebutuhan proyek pembangunan tersebut melalui rancangan anggaran dan alokasi modal yang tepat. Untuk mencari pendanaan, pengembangan proyek sering mencari tambahan dana dari pihak ketiga penyedia modal, dengan tujuan untuk mengumpulkan modal yang belum terpenuhi untuk proyek pembangunan.

 

Namun nantinya keuntungan dari bisnis hotel tersebut pemasok dana mendapat jatah beberapa persen dari laba.

 

Aspek keuntungan yang diamati dari melakukan perkiraan biaya pemakaian barang serta aspek penunjang di hotel dan pendapatan juga diperhitungkan. Periode pengembalian awal dana penanam modal di potong dari pendapatan kas setiap bulan.

 

Aspek penyusutan barang investasi dalam jangka waktu tertentu seperti mesin, peralatan, komputer, serta kendaraan. Aset tersebut berasal dari aset dana hibah pihak ketiga maka dari itu wajib untuk dikembalikan.

 

Laba bersih perusahaan hotel diperhitungkan dalam aspek net present value, benevit coast ratio, nilai keuntungan dari investasi, dan periode untuk mengembalikan modal.

 

2. Studi Kelayakan Pasar

Studi kelayakan proyek pembangunan hotel dengan mengumpulkan data-data aspek pasar berdasarkan jumlah kebutuhan akan penginapan hotel. Lokasi yang ditentukan dalam proyek harus strategis, karena mempengaruhi kategori bintang dan kualitas hotel itu sendiri serta ukuran perkiraan volume permintaan dari konsumen hotel.

 

Riset harga sewa penginapan dengan cara melakukan perbandingan harga standar yang berlaku untuk fasilitas yang disediakan, maksimalkan keuntungan yang konsumen dapatkan dari harga yang mereka bayar.

 

3. Studi Kelayakan Teknis

Studi kelayakan proyek pembangunan hotel aspek teknis meliputi bahan konstruksi bangunan yang sesuai dengan besar gedung serta spesiikasi akan dibuat. Perhitungan kekuatan konstruksi bangunan dari baja, pondasi, adonan semen dll.

 

Pasokan bahan baku untuk produksi hotel selalu tersedia dan pada saat dibutuhkan. Aspek lainnya adalah teknologi yang membantu proses produksi agar berjalan lancar, seperti mesin pengaduk dan genset. Pengaruh kelayakan teknis berpengaruh terhadap hasil fisik proyek bangunan jika kurang baik maka akan menimbulkan maslah pada bangunan tersebut.

 

Maksimalkan desain perancangan agar menekan biaya investasi dan pembuatan suatu hotel yang diperlukan. Pembangunan hotel untuk mendukung aspek pariwisata serta kebutuhan konsumen terkait penginapan. Karena berkaitan dengan konsumen maka studi kelayakan proyek pembangunan hotel dapat berjalan dengan baik dan memiliki nilai returnd investasi yang tinggi.