Ingin Membuat Desain Rumah Minimalis? Pahami Dulu Tips Ini

Desain rumah minimalis memang menjadi trend bagi siapa saja yang ingin menampilkan hunian terbaru mereka. Konsep minimalis yang mengedepankan nilai fungsional dan kesederhanaan tentunya akan berdampak pada penghematan ruang dan biaya yang lebih hemat. Ditambah lagi, biaya perawatannya pasti jauh lebih murah.

Jika Anda termasuk orang yang menginginkan rumah bergaya minimalis, coba pahami tips berikut ini sebagai panduan terlebih dahulu.

1. Bersih dan rapi

Menjaga rumah tetap bersih dan rapi merupakan syarat wajib jika ingin memastikan gaya hidup minimalis. Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda perlu membuat desain rumah minimalis yang memiliki ruang penyimpanan di semua ruangan.

Cobalah untuk membuat ruang penyimpanan yang besar untuk dapur. Pasalnya, sebagai pusat aktivitas berat di rumah, dapur seringkali menjadi tempat yang paling tidak bisa dihindari untuk menjadi rumit.

Jadi, sebaiknya Anda tidak memiliki banyak ruang untuk partisi. Akan lebih baik lagi jika dapur diintegrasikan dengan ruangan lain seperti ruang makan atau ruang tamu.

2. Desain biasanya geometris

Setelah arti minimal, artinya kurang atau setidaknya. Tak heran jika gaya hidup minimalis pada umumnya bersifat geometris, yaitu kantong pelana, perisai atau kubus. Dalam bidang arsitektur, gaya minimalis ini dibentuk oleh De Stijl dan Bauhaus pada tahun 1920-an.

Bauhaus mempromosikan produksi massal dan penggabungan kerajinan teknologi. Sementara itu, De Stijl memutuskan untuk memprioritaskan abstraksi dan mengurangi gaya dekoratif untuk kembali ke esensi bentuk dan warna.

Perlu Anda ketahui bahwa bentuk geometris ini merupakan bentuk dasar dari sebuah rumah atau bangunan yang sudah dikenal puluhan tahun. Alasan memilih atap datar adalah lebih cepat membangun sekelompok rumah curah.

3. Desain yang selalu memaksimalkan keadaan

Ketersediaan lahan yang sempit atau berlebih sebenarnya bukan menjadi penghalang yang tidak bisa diatasi untuk rumah bergaya minimalis. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengingat apa yang terlintas dalam pikiran Anda saat bereaksi terhadap kondisi tanah. Anda dapat bertanya kepada arsitek profesional jika Anda ragu tentang apa yang akan dibangun di tanah tersebut.

Karakter geometris rumah minimalis sebenarnya memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah memiliki banyak fitur yang bisa dibuat pada atap datar seperti patio atau bahkan kolam agar mudah berendam. Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan kualitas dan perawatannya agar tidak ada kebocoran.

4. Pentingnya kohesi

Kekompakan merupakan hal yang penting dalam sebuah desain rumah minimalis agar dengan mudah menciptakan kesinambungan antar elemen. Anda dapat mencoba mencegah elemen-elemen di setiap ruangan agar tidak tumpang tindih, terlihat sama, dan tidak terlalu banyak detail dan warna.

Anda bisa membuat area penyimpanan yang sengaja diletakkan di sekitar ruangan dan memiliki bentuk geometris yang simpel dan benar-benar lurus. Untuk mencapai efek komplementer, furnitur lain di dalam ruangan juga harus memiliki bentuk geometris yang serupa.

Anda juga dapat mempertimbangkan pemasangan dinding geometris untuk membuat sambungan antara geometris interior dan eksterior rumah.

5. Mengutamakan kualitas furniture

Cukup banyak orang yang tergila-gila pada furnitur hanya karena tidak mau ketinggalan trennya. Jika Anda salah satunya, Anda perlu memahami kembali prinsip desain rumah minimalis, yang justru sebaliknya. Anda perlu mempertimbangkan dengan cermat barang-barang apa saja yang harus dimasukkan dan ditata di dalam ruangan sebelum membeli furnitur.

Alangkah bijaknya jika furnitur yang Anda pilih memiliki model yang tak lekang oleh waktu di tengah tren yang bisa jadi fashionable. Pilih bahan yang jelas tahan lama, namun tidak menyulitkan Anda jika suatu saat akan pindah ke lokasi lain.

Meja dan kursi makan bergaya klasik modern yang cukup lucu untuk menghiasi ruang makan Anda dengan perpaduan warna kontras yang elegan. Pilih warna hitam dan putih karena terasa abadi dan paling cocok dengan warna lain.

Source: https://avantela.com/home.