Human Capital Dukung Bisnis Pertamina

Direktur SDM Pertamina Nicke Widyawati memaparkan enam peran strategis human capital didalam menolong langkah usaha Pertamina di hadapan jajaran manajemen Pertamina pada acara Manpower Planning Focus di Kantor Pusat Pertamina.

Enam peran strategis tersebut, pertama, improvement system dan enforcement untuk menolong HSSE Excellence. Kedua, tingkatkan produksi upstream. Ketiga, tingkatkan ekspansi usaha (pengolahan, petrochemical product, dan ekspansi pasar). Keempat, mengembangkan new & renewable energy. Kelima, integrated marketing untuk beri tambahan solution kepada customer. Terakhir, mengembangkan teknologi.

“Dari keenam perihal tersebut, dibutuhkan persiapan organisasi yang efisien dan efisien didalam tiap tiap fungsi,” ujar Nicke di hadapan jajaran tim manajemen Pertamina.

Menurutnya, organisasi yang efisien dan efisien haruslah diisi oleh SDM yang berkualitas. Untuk itu, jajarannya bakal lakukan pembenahan.

“Terdapat capacity gaps yang dihadapi Pertamina pas ini, 30,1 persen posisi vacant berasal dari organisasi eksisting tahun 2017 dan jadi 27% bersama dengan adanya streamlining organization flow meter. Pekerja yang bakal pensiun raih 17,4% didalam lima tahun ke depan. Target vacant tahun 2018 adalah jadi 18%,” ujarnya.

Ia berharap, diskusi ini sanggup menentukan arah jaman depan perusahaan didalam menghadapi tantangan usaha global.