Efek Minum Kopi yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Secara Berlebihan

Efek Minum Kopi yang Didapatkan Jika Mengonsumsi Secara Berlebihan

Minum kopi bisa membuat orang merasa nyaman. Namun, perlu diwaspadai bahwa asupan kopi yang berlebihan bisa menimbulkan efek minum kopi yang tidak sehat bagi tubuh. Banyak orang yang terbiasa minum kopi setiap hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi memang menyehatkan untuk tubuh, namun jika terlalu banyak mengonsumsi kopi maka akan memberikan efek buruk.

Efek Negatif Minum Kopi Berlebih

  1. Merasa cemas

Biasanya orang akan minum kopi saat ingin melakukan sesuatu agar bisa lebih fokus dan bersemangat. Sayangnya, National Institute of Mental Health merekomendasikan untuk menghindari kafein secara berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak minum kopi justru dapat meningkatkan rasa kecemasan. Kecemasan disebabkan oleh efek kafein dalam kopi yang membuat Anda sulit tertidur atau memicu reaksi flight or fight.

  1. Sakit perut

Minum kopi terlalu banyak juga bisa menyebabkan sakit perut. Para ahli sepakat bahwa senyawa tertentu dalam kopi dapat merangsang sekresi asam lambung di sel perut. Memang ada banyak obat di pasaran yang bisa meredakan asam lambung. Namun cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi konsumsi kopi agar asam lambung tidak kambuh.

  1. Jantung berdebar

Saat kamu merasakan jantungmu berdetak terlalu kencang, kamu pasti akan merasa tidak nyaman. Ternyata mengonsumsi minuman berkafein, nikotin, dan minuman beralkohol bisa jadi penyebabnya. Dalam beberapa kasus, detak jantung yang terlalu cepat dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan. Satu-satunya cara untuk menormalkan detak jantung adalah dengan menghindari minuman berkafein.

  1. Insomnia

Minum kopi terlalu banyak juga bisa membuat Anda sulit tidur. Bahkan jika Anda tidak mempercayainya, kopi akan memengaruhi siklus tidur Anda. Kopi ternyata dapat bertahan di sistem pencernaan selama 14 jam. Ini akan meningkatkan kewaspadaan dan membuat Anda sulit tidur. Supaya bisa tidur nyenyak, paling tidak kita minum kopi sebelum tengah hari.

  1. Sakit kepala

Jumlah kafein yang tepat dapat meredakan sakit kepala dengan lebih baik sehingga seringkali ada di dalam obat pereda sakit terutama obat sakit kepala. Asupan kafein yang aman adalah 500 mg per hari, yang setara dengan lima cangkir. Namun, saat Anda minum terlalu banyak kopi dalam waktu lama, Anda akan mengalami gejala penarikan kafein yang mungkin termasuk sakit kepala dan kelelahan.

Kopi Nikmat yang Praktis

Kebanyakan peminum kopi tidak langsung merasakan efek negatifnya, apalagi setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein. Meski begitu, masih ada tanda dan efek samping yang mengindikasikan jika Anda terlalu banyak minum kopi seperti yang telah disebutkan.

Maka dari itu sebaiknya kopi diminum sewajarnya saja agar tidak memberikan efek samping dan juga bisa mendapatkan manfaatnya dan tidak menimbulkan efek minum kopi yang buruk. Agar lebih praktis, anda dapat minum NESCAFÉ Classic yang terbuat dari 100% biji kopi Robusta murni.