Daftar Bisnis Ekonomi Kreatif yang Menjanjikan

Daftar Bisnis Ekonomi Kreatif yang Menjanjikan

Kamu pasti sering mendengar kata ekonomi kreatif. Industri ini termasuk yang berkembang pesat di beberapa tahun belakangan. Tak heran jika pemerintah secara khusus membuat kebijakan khusus bagi industri kreatif. Jika kamu tertarik menjalankan bisnis di bidang ini, ada beberapa jenis bisnis yang menjanjikan loh.

Mengenal Apa Itu Ekonomi Kreatif

Sebelum masuk ke dalam bisnis yang bisa dijalankan pada industri ini, tentu kamu wajib mengetahui terlebih dahulu bidang ini. Dengan begitu, kamu jadi bisa mendapatkan inspirasi untuk mendapatkan keuntungan dari industri kreatif satu ini.

Bidang ini merupakan konsep di era ekonomi yang baru. Sesuai namanya, bidang ini sangat mengutamakan kreativitas para pelaku industrinya. Untuk menjalankan bisnisnya, harus dipastikan kamu adalah manusia yang kreatif. Tak hanya dalam segi pembuatan produknya saja tetapi juga dari segi pemasaran.

Intinya, kamu harus mementingkan ide dan kreativitas untuk memajukan perekonomian. Jika dahulu orang dianggap sukses mungkin bila menekuni dunia ekonomi dan hukum. Namun kini industri kreatif bisa membuktikan bahwa seseorang bisa sukses dan mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Daftar Bisnis Kreatif yang Menjanjikan

Setelah memahami ekonomi kreatif adalah sebuah industri yang menomorsatukan ide dan informasi, saatnya kamu semakin mendalami industri di dalamnya. Apalagi jika kamu sedang mencari inspirasi dalam membangun bisnis. Bidang di bawah ini bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi kamu.

1.Kuliner

Berbicara soal bidang kuliner, tak hanya berbicara soal makanan enak saja. Sebagai produsen kamu harus mengemas makanan yang dibuat menjadi sebuah konsep yang kreatif dan menarik perhatian orang. Misalnya saja kamu membuat café atau resto yang bisa dijadikan tempat workshop atau bekerja.

Saat ini banyak orang yang bekerja dari mana saja. Maka, kamu bisa mengemas café atau resto menjadi tempat bekerja yang nyaman. Atau dari segi makanan. Kamu mungkin bisa membuat restoran fastfood namun yang menjajakan makanan enak.

Ide kreatif itulah yang bisa dikembangkan dan dikemas menjadi satu kesatuan bisnis yang unik dan jadi daya tarik tersendiri. Kamu bahkan bisa menjadi pembuat tren dengan membuat menu-menu terbaru. Jangan lupa untuk mengemasnya dalam pemasaran yang unik dan menarik.

  1. Desain

Industri desain saat ini semakin diakui oleh masyarakat Indonesia. Artinya masyarakat mulai memahami betapa pentingnya sebuah desain bagi sebuah produk. Desain di sini juga cakupannya sangat luas. Mulai dari desain grafis yang biasa dibutuhkan untuk penyampaian informasi.

Setiap kegiatan, acara bahkan produk sangat membutuhkan desain grafis untuk memberikan informasi yang menarik. Tak hanya dalam bentuk gambar saja, bahkan grafis dalam bentuk video juga semakin dicari dan digemari orang. Kamu bisa mempelajari pembuatannya dan bisa jadi sumber pendapatan yang menjanjikan.

Di samping itu, ada pula jenis desain lain misalnya desain interior hingga desain produk. Untuk desain interior misalnya, sebuah tempat akan semakin menarik pengunjung bila desainnya menarik. Kalau kata orang mencari tempat yang instagramable. Kecenderungan orang untuk membagikan foto di media sosial, membuat orang senang mencari tempat yang lucu dan menarik.

Terakhir adalah desain produk. Sebuah produk tak hanya menarik dari segi kualitas produknya saja tetapi juga pengemasan. Hal ini sudah semakin banyak disadari masyarakat sehingga permintaan desain produk juga semakin meningkat.

  1. Kerajinan Tangan

Konsep kreatif juga tak melulu soal bidang digital saja. Kamu juga punya peluang untuk mengembangkan usaha kerajinan tangan. Meskipun produksinya rumahan atau dalam jumlah yang sedikit, namun kamu bisa mengemas hasil karya dengan cara yang lebih kreatif.

Justru cara tradisional juga kerap mengundang daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Kualitas dan ide kreatif yang membuat produk kerajinan tangan menjadi daya tarik. Sumber daya manusia dan ide kreatif sangat dibutuhkan untuk membuat produk kerajinan tangan Indonesia jadi mendunia,

Tak lupa, kamu juga bisa mengemas promosi produk kerajinan dengan cara yang lebih menarik. Kreativitas sangat dibutuhkan mulai dari pembuatan konsep sampai dengan teknis penjualan. Pastinya produk kamu akan lebih unggul.

  1. Fashion

Fashion menjadi salah satu industri yang berkembang terus menerus. Apalagi jika dibungkus dengan konsep kreatif. Produk yang dibuat pastinya menarik dan memiliki konsep yang unik dan beda daripada yang lain. Bidang fashion sendiri juga beragam loh.

Kamu bisa membuat pakaian, celana, sepatu bahkan aksesoris seperti tas dan kalung. Kamu mungkin bisa mengambil inspirasi dari segala sesuatu yang sedang tren, kemudian dibungkus menjadi produk fashion kekinian.

Jangan lupa untuk memberikan sentuhan kreatif mulai dari foto produk bahkan sampai ke pengemasan. Hal sederhana ini akan membuat produk kamu lebih unggul karena memiliki keunikan dan identitas tersendiri. Inilah yang membuat industri fashion membutuhkan ide-ide kreatif.

Tak perlu ragu jika kamu ingin mengembangkan kreativitas di bidang apapun. Sekarang ini masyarakat sudah bisa menerima kreativitas yang dikemas secara menarik. Pastinya kamu akan mendapatkan hasil yang menguntungkan bila memakai prinsip kreatif tersebut.