Contoh Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Surveillance

Dewasa ini, kebutuhan akan kecerdasan buatan (AI) di bidang pengawasan dan keamanan semakin meningkat. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan AI untuk pemantauan.

Secara tradisional, pengawasan berarti melacak tindakan seseorang. Kamera pengintai, juga dikenal sebagai kamera pengintai, seperti mata digital, yang dapat menjaga atau memantau pergerakan kita.

Tapi biasanya kamera pengintai ini seperti jendela, yang berguna ketika seseorang melihat keluar atau menatap ke luar jendela. Artinya kita harus menonton footage secara real-time, biasanya dari berbagai sumber video, selama beberapa jam untuk mengetahui apa yang ingin kita ketahui.

Kamera CCTV ini bersifat pasif. Saat terjadi kecelakaan, ia lebih sering berperan dalam mencari barang bukti. Ketika terjadi kejahatan (seperti pencurian mobil), salah satu langkah yang biasanya dilakukan oleh aparat penegak hukum adalah dengan memeriksa kamera CCTV.

Di sisi lain, operasi aman modern sangat bergantung pada data yang dihasilkan oleh peralatan keselamatan. Namun, ketika organisasi dan operator keamanan mencoba memastikan keamanan lingkungan mereka, mereka sering mengalami kesulitan untuk memeriksa sejumlah besar data dari klip video yang tersedia.

Proses manual tidak lagi dapat diandalkan untuk kamera pengintai terus menerus dan data hasil inspeksi. Karena perhatian manusia terbatas. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan pekerjaan yang sama secara terus menerus memiliki kemampuan berkonsentrasi hingga 20 menit. Setelah 20 menit, rentang perhatian akan berkurang. Ketika kita melakukan berbagai tugas pada saat yang sama, jangkauan perhatian bahkan akan turun lebih cepat.

Peran kecerdasan buatan sangat dibutuhkan di sini untuk menjawab tantangan tersebut. Jika kamera pengintai adalah mata, maka kecerdasan buatan adalah otaknya. Kecerdasan buatan berperan dalam menganalisis video real-time, sehingga tidak harus melibatkan manusia.

Saat kamera menjadi lebih pintar, pengawasan menjadi lebih andal. Banyak jenis kamera pengintai sekarang dapat terhubung ke jaringan WiFi dan perangkat lain. Oleh karena itu, kecerdasan buatan dapat melakukan analisis di cloud atau menggunakan perangkat lain.

Bagaimana contoh pemanfaatan AI dalam aktivitas pengawasan?

Metode Akses Tanpa Interaksi

Kecerdasan buatan dan kemampuan pembelajaran mendalam dari kamera pengintai memungkinkan perangkat ini menganalisis video tanpa bantuan manusia. Ketika terintegrasi dengan perangkat kontrol akses, kamera dengan kecerdasan buatan dan teknologi pengenalan wajah dapat digunakan untuk mendeteksi wajah manusia dan menyediakan cara untuk memasuki area tertentu tanpa interaksi manusia dengan sistem.

Video Search Engine

Menurut ulasan dari situs Majapahit.id, Kecerdasan buatan memiliki dampak besar di berbagai bidang termasuk pengawasan karena kemampuan belajar mandirinya. Menggunakan kemampuan ini, IC Realtime meluncurkan sistem mesin pencari video cerdas yang disebut Ella.

Dengan dukungan kecerdasan buatan dan algoritme pembelajaran mendalam, sistem dan aplikasi berkemampuan Web ini dapat menganalisis apa yang terjadi di sumber video dan segera mencarinya. Inilah keunggulan sistem pengawasan berbasis kecerdasan buatan.

Ella dapat mengenali ratusan ribu pertanyaan bahasa alami, sehingga pengguna dapat dengan mudah menelusuri sejumlah besar bidikan untuk menemukan hewan tertentu, orang yang mengenakan pakaian warna tertentu, dan bahkan potongan merek dan model mobil tertentu.

Menariknya, Ella yang berjalan di Google Cloud dapat mencari rekaman dari hampir semua jenis CCTV. Pengguna hanya perlu membayar biaya berlangganan bulanan untuk mengakses Ella.

Vision as a Service

Yang lainnya disediakan oleh perusahaan bernama Boulder AI. Perusahaan rintisan menawarkan layanan yang disebutnya “visi sebagai layanan”.

Pelanggan Boulder AI menggunakan sistem untuk memantau jumlah dan jenis ikan yang melewati tangga ikan bendungan. Ada juga pelanggan yang menggunakan kamera AI untuk memastikan ukuran dan bentuk pizza memenuhi standar dan pesanan.

Deteksi Pencuri

Pencurian bisa terjadi di mana saja, dan toko-toko adalah target umum bagi pengutil. Pemilik toko sering menghabiskan banyak uang untuk mencegah pencurian. Menggabungkan kecerdasan buatan dengan kamera dan sistem deteksi pencurian dapat mengurangi kemungkinan pencurian. Algoritme kecerdasan buatan akan membantu mendeteksi saat pencurian terjadi dan mengirimkan peringatan kepada personel keamanan.