Cara Penggunaan Dan Efek Samping Penggunaan Diclofenac Sodium

Diclofenac Sodium: Kegunaan, Dosis, dan Efek Sampingnya | Popmama.com
source gambar : popmama.com

Pernahkah kamu mendengar tentang obat Diclofenac Sodium sebelumnya ? Jika pernah apakah kamu sudah mengetahui apa kegunaan obat tersebut ? Namun jika belum tidak perlu khawatir karena kita akan membahas seputar obat Diclofenac Sodium beserta kegunaan dan cara pakainya.

Biasanya obat Diclofenac Sodium ini diberikan untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan yang terjadi di area tubuh. Kandungan yang terdapat didalam obat ini membantu meredakan gejala yang muncul akibat adanya peradangan tersebut. Jadi jika biasanya kita merasakan nyeri pada area tubuh dengan menggunakan obat Diclofenan Sodium ini maka rasa nyeri yang dirasakan bisa sedikit berkurang.

Menurut keterangan medis sendiri Diclofenac Sodium ini termasuk kedalam golongan obat anti inflamasi non steroid. Golongan obat tersebut yakni merupakan golongan obat yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada area tubuh. Untuk bisa mengkonsumsi dan membeli obat inipun tidak bisa sembarangan karena dibutuhkan resep dokter yang jelas sebelum bisa membeli obat ini.

Di pasaran sendiri obat Diclofenac Sodium ini dijual dalam beberapa bentuk yakni tablet, kapsul, dan suppositoria yang bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter. Kemudian obat Diclofenac Sodium jenis suntikan yang hanya bisa digunakan di rumah sakit dengan menggunakan tenaga medis. Dan terakhir jenis Gel dan plester yang bisa anda beli di apotek terdekat.

Cara kerja obat ini yang dengan cara menghambat enzim yang membantu dalam pembentukan prostaglandin. Dimana prostaglandin tersebut merupakan zat yang bisa menimbulkan rasa nyeri akibat adanya peradangan yang terjadi didalam tubuh kita. Dengan konsumsi obat Diclofenac Sodium ini maka zat prostaglandin tersebut menjadi terhdambat pertumbuhannya dan rasa nyeri pun menjadi berkurang.

Ternyata selain bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan, obat Diclofenac Sodium ini juga bisa meredakan rasa nyeri lainnya seperti :

  • Migrain atau sakit kepala akut
  • Ostheoarthitis atau peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada tulang.
  • Dismenore atau kram perut yang biasa terjadi saat sedang menstruasi.
  • Rheumatoid Arthritis yakni nyeri di area persendian yang biasa disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang menurun.
  • Terkilir atau tegang pada bagian otot akibat berolahraga atau kegiatan berat lainnya.
  • Sakit gigi dan menimbulkan rasa nyeri di area leher.

Umumnya obat Diclofenac Sodium ini bisa di konsumsi oleh orang dewasa dan anak – anak yang berusia diatas 14 tahun. Namun tentunya penggunaannya pun harus menggunakan resep dokter. Jadi sebaiknya anda melakukan konsultasi medis sebelum hendak menggunakan obat ini.

Setelah melakukan konsultasi dengan dokter terkait barulah anda bisa mulai mengkonsumsi obat ini sesuai dengan aturan pakai dan dosis berikut ini :

  • Untuk penggunaan Diclofenac Sodium Tablet
    • Dewasa : diminum 2 -3x dalam sehari dengan maksimal penggunaan 50 mg dalam sehari
    • Anak – anak diatas 14 tahun : diminum 3x dalam sehari dengan maksimal penggunaan 25 mg dalam sehari.
  • Untuk penggunaan Diclofenac Sodium Gel
    • Dewasa : di oleskan 2 – 4 gram pada area yang nyeri sebanyak 2 – 4 kali penggunaan dalam sehari. Penggunaan obat ini hanya disarankan digunakan dalam jangka waktu 1 minggu.
  • Untuk penggunaan Diclofenac Sodium Plester
    • Dewasa : digunakan maksimal 2 pleseter obat dalam sehari selama kurang lebih waktu 24 jam.

Sisanya penggunaan obat Diclofenac Sodium lainnya hanyabisa digunakan dengan bantuan tenaga medis langsung di rumah sakit atau klinik terdekat.