cara optimasi web dengan seo

Cara Optimasi Web dengan SEO Praktis Cocok Bagi Pemula

Kita semua telah mengenal bahwa dunia SEO adalah ladangnya keberhasilan bagi sebuah website. Namun, sudahkah kamu ketahui bagaimana cara optimasi web dengan SEO yang praktis ?

Banyak sekali tutorial mengenai cara optimasi web dengan SEO yang bisa kamu temui di dunia maya. Beragam cara praktis dan efektif yang disajikan semata-mata untuk memudahkan para pembaca agar bisa melakukan optimasi SEO dengan mudah.

Namun sayangnya, tak jarang dari mereka yang tidak paham setelah membaca uraian panjang dari sebuah artikel yang berisikan tutorial mengoptimasi website tersebut. Alhasil, mereka lebih memilih menggunakan cara praktis yaitu menyewa jasa SEO.

Di era digital saat ini, bisnis dengan strategi digital trus mengalami perkembangan yang cukup pesat. Salah satunya dengan membuat situs web untuk promosi produk bisnis. Dan salah satu cara untuk bisa berhasil ialah dengan menerapkan strategi SEO yang tepat.

SEO merupakan suatu pengoptimalan mesin pencari sehingga halaman situs web bisa muncul di page one Google. Untuk itu, bagi pemilik bisnis yang baru membuat website, penting untuk ketahui panduan cara optimasi web dengan SEO yang praktis bagi pemula. Kamu bisa menjadi master SEO dengan mempelajari cara yang benar.

Nah, bagi kamu yang ingin belajar cara optimasi web dengan SEO tanpa harus keluar budget besar untuk menggunakan layanan SEO, maka artikel ini wajib kamu baca sampai akhir ya ! Karena disini kami menguraikan secara singkat cara mengoptimasi website dengan praktis.

Apa Pentingnya SEO untuk Website ?

Pentingkah teknik SEO untuk website bisnis ? Mungkin pertanyaan semacam ini masih saja terdengar dari kalangan pemula yang baru mengenal dunia SEO. Umumnya, mereka tidak tahu bahwa SEO benar-benar penting bagi sebuah website.

Seperti yang sudah dijelaskan di uraian di atas bahwa SEO berfungsi untuk mengoptimalkan situs webmu supaya muncul di page one SERP. Dengan menaikkan peringkat di SERP, semakin besar pula kesempatan untuk menaikkan traffic hingga mendatangkan income tinggi.

Tidak menerapkan SEO sama halnya dengan membuang kesempatan untuk membuat bisnis semakin berkembang dan mendapat promosi secara gratis dari mesin pencari. Inilah mengapa SEO memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah website.

Jika kamu melakukan promosi digital dengan menerapkan teknik SEO yang sesuai dengan algoritma Google, ini artinya kami memberi peluang bagis bisnismu untuk maju. Sederhananya, SEO akan memberi respon positif dengan meningkatkan keuntungan bisnis.

Cara Optimasi Website dengan SEO

Nah, jika kamu baru mulai menerapkan praktik SEO untuk mengoptimalkan situs websitemu, cobalah ikuti panduan strategi SEO praktis yang cocok bagi pemula seperti uraian di bawah ini. Simak baik-baik cara optimasi web dengan SEO berikut ini ya !

Melakukan Riset Keyword untuk Optimasi SEO

Langkah utama dalam perencanaan mengembangkan situs web, riset keyword penting dilakukan. Kamu perlu mencari kata kunci apa yang sering dicari oleh pengguna di search engine.

Bagaimana cara mengetahuinya ? Kamu bisa melakukan riset kata kunci melalui Keyword Tools di Google Adwords. Layanan gratis dari Google ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan keyword tertarget.

Jika sudah masuk ke Tools tersebut, cobalah googling kata kunci tersebut dan lihat konten seperti apa yang muncul. Biasanya, tipe konten atau artikel tersebut akan memiliki banyak kesamaan dan ini bisa menjadi contoh seperti apa konten yang hendak kamu buat nantinya.

Memasukkan Keyword ke Dalam Domain Optimasi SEO

Langkah kedua ialah memasukkan kata kunci ke dalam domain, dimana hal ini akan membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus situs yang kamu buat. Trik satu ini penting diperhatikan karena sangat bermanfaat bagi keberlangsungan websitemu kedepannya.

Memperhatikan Plugins SEO

Memperhatikan plugins SEO yang mendukung optimasi webmu juga penting dilakukan. Beberapa plugins terbaik yang paling bermanfaat bagi SEO websitemu yaitu Yoast WP SE, Google XML Sitemaps dan SEO Friendly Images.

Membuat Konten Berkualitas Agar Lebih Cepat Optimasi Web

Cara optimasi web dengan SEO agar cepat naik peringkat ialah dengan membuat konten berkualitas yang disukai pembaca. Buatlah konten menarik dengan kata-kata yang jelas dan informatif dan tentunya mengandung keyword SEO.

Share di Media Sosial

Berikutnya, setelah menciptakan konten berkualitas yang menarik, kamu bisa mempromosikan website bisnismu melalui media sosial. Kunci sukses di SEO tak hanya sekedar membuat konten berkualitas, namun juga menarik untuk dibagikan di media sosial.

Membangun Backlink Berkualitas

Tahukah kamu bahwa algoritma Google selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun ? Akan tetapi, hal yang tak berubah dari SEO ialah backlink. Inilah mengapa penting bagimu untuk mmbangun backlink berkualitas untuk situs webmu.

Lakukanlah hal ini secara bertahap dan terus menerus hingga backlink berkualitas tersebut mampu memberi dampak postif bagi perkembangan websitemu. Jangan lupa, hindari backlink nkualitas rendahan agar tidak menghambat pengoptimalan website.

Cara Optimasi Web dengan SEO Menambahkan Gambar

cara optimasi web dengan seo

Penambahan gambar pada konten harus diperhatikan dengan baik agar tak menimbulkan kesalahan fatal dalam optimasi. Cara optimasi web dengan SEO yang efektif dan mampu menarik perhatian pembaca ialah dengan menyisipkan gambar yang menarik dan relevan.

Pastikan gambar yang dimuat tersebut ukurannya telah dikompres dan disisipkan title tags, ALT  dan penamaan file gambar sesuai dengan keyword SEO. Perhatikan point penting tersebut saat mengunggah gambar ke dalam situs webmu.

Menggunakan LSI Keywords

Tahukah kamu bahwa Google kini tak hanya sekedar menilai dari keyword yang digunakan, namun juga memahami topik yang dibawa ? Nah, ntuk memastikan bahwa Google semakin memahami topik konten yang kamu buat, gunakanlah LSI keywords. Kamu bisa juga menggunakan jasa SEO yang berkualitas.

Mencantumkan Internal dan External Link

Langkah penting yang tak boleh ditinggalkan dalam perencanaan optimasi website ialah memasukkan internal dan external link. Apa perbedaan link keduanya ? Apa manfaat dari kedua link tersebut bagi sebuah website ?

Internal link merupakan tautan suatu halaman ke halaman lain pada situs web yang sama. Link ini akan membantu websitemu mendapat user experience yang lebih tinggi, menurunkan nilai bounce rate bahkan memudahkan Google menemukan situsmu

Sementara external link ia merupakan tautan yang bisa kamu cantumkan yang mengarah pada situs web lain. Link tersebut akan membantu memperkuat isi kontenmu dengan mencantmkan sumber penulisan artikel atau konten.

Dengan mencantumkan external link berkualitas nantinya akan berdampak positif pada relevansi dan tingkat kepercayaan suatu halaman. Ini adalah salah satu cara optimasi web dengan SEO yang tepat sehingga situsmu mendapatkan nilai postif di mata Google.

Nah, dengan nilai positif dari Google tersebut akan turut membantumu dalam meningkatkan peringkat dan traffic web. Intinya, yang harus kamu ingat adalah link internal maupun link external keduanya adalah link yang turut membantu pengoptimalan situsmu.

Itulah dia strategi terbaik atau cara optimasi web dengan SEO yang praktis cocok diterapkan bagi pemula. Yang perlu kamu ingat adalah bahwa hasil dari SEO tidak bisa instan. Untuk itu, teruslah belajar SEO tahap demi tahap demi mendapatkan website yang optimal. Semakin baik posisi webmu, peluang mendapatkan lebih banyak income sangatlah besar !