Cara Menggunakan French Press Untuk Membuat Kopi

Cara Menggunakan French Press Untuk Membuat Kopi

Tahukah Anda bahwa french press hadir dari peristiwa tidak terduga karena perjalanan seorang pria asal Prancis pada akhir tahun 1850? Orang ini awalnya hanya ingin menutupi secangkir kopi terakhir yang tersisa, jadi hanya lapisan tipis logam yang digunakan.

Setelah melihat bubuk kopi terpisah dari kopi, dia menyadari bahwa inilah kopi paling enak yang pernah dia rasakan. Terlepas dari asalnya, alat kopi ini baru tercatat pada tahun 1852 sebagai cara pembuatan kopi dengan menggunakan metode brewing manual.

Keunggulan French Press

Cara manual brewing sendiri merupakan proses menyeduh kopi secara manual tanpa menggunakan mesin espresso. Pembuatan kopi manual menggunakan kertas atau lapisan filter khusus untuk memisahkan kopi dari ampasnya. Salah satu alat pembuat kopi manual paling populer yaitu french press.

Keunggulan French Press yaitu memungkinkan setiap penikmat kopi leluasa membuat secangkir kopi sesuai selera masing-masing. Alat pembuat kopi ini juga dapat memberikan rasa kopi yang kuat dan alami.

Proses Membuat Kopi Dengan French Press

Proses penggunaan french press sebenarnya tidak begitu sulit asalkan memahami takaran kopi yang dibutuhkan. Proses pembutnnya yaitu :

  • Langkah pertama

Rebus air secukupnya untuk mengisi french press. Untuk mesin press 17 oz atau 502 ml, Anda membutuhkan sekitar 350 gram air. Hanya dibutuhkan air panas sekitar 95 derajat Celcius untuk membuat kopi yang nikmat dengan alat French press.

  • Langkah kedua

Saat air sedang dipanaskan, Anda bisa menggiling kopi terlebih dahulu. Biasanya, biasanya french press mengharuskan biji kopi digiling sedikit saja agar masih agak kasar. Yang terbaik adalah memulai dengan perbandingan kopi dan air 1:12. Jika Anda menggunakan 350 gram air, maka Anda membutuhkan 30 gram kopi.

  • Langkah ketiga

Setelah menyiapkan air panas dan bubuk kopi, mulailah menuangkan air panas secara perlahan. Jumlah air yang dituangkan dua kali lipat dari bubuk kopi. Dengan kata lain, jika Anda memiliki 30 gram kopi, tuangkan air 60 gram terlebih dahulu.

  • Langkah keempat

Setelah itu, aduk perlahan dengan sendok agar kopi menyebar atau mengembang selama 30 detik.

  • Langkah kelima

Tuang sisa air, lalu taruh tutup atau plunger French Press di atas kopi, jangan langsung ditekan. Biarkan kopi terendam selama empat menit. Gunakan pengatur waktu untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mencicipi kopi nikmat dan jangan mengira-ngira agar hasil kopinya nikmat.

  • Langkah keenam

Saat mencapai empat menit, tekan plunger French Press. Setelah selesai mengepres, segera minum kopi. Anda tidak boleh membiarkannya teralu lama karena rasa kopi akan menjadi lebih tidak enak.

Inilah mengapa Anda perlu menggunakan mesin kopi dengan fungsi khusus untuk mengatur semua fungsi french press di atas agar lebih praktis dalam menghasilkan secangkir kopi yang nikmat. Salah satunya adalah penggunaan mesin kopi NESCAFÉ Dolce Gusto tekanan hingga 15 bar dan dapat menyediakan kopi favorit Anda dengan cepat.