Cara Mengetahui Anak Cerdas atau Tidak, Ini Indikasinya!

Cara Mengetahui Anak Cerdas atau Tidak, Ini Indikasinya!

Menurut data penelitian selama bertahun-tahun, dari 1% hingga 5% anak-anak di seluruh dunia dilahirkan dengan bakat jenius, tetapi hanya satu dari setiap seratus anak berbakat yang berhasil menunjukkan potensinya.

Kemungkinan menumbuhkan anak jenius sampai ia dewasa, tetap patut dicoba. Untuk memulainya, anda perlu membedakan anak dengan kecenderungan yang tidak biasa dari teman sebayanya.

Ketika kita melihat dari ciri ciri bayi cerdas dan pintar bisa dikenali dengan ciri ciri sederhana misalkan: Sering melakukan komunikasi dengan orang dewasa dan tidak tertarik bergaul dengan teman sebaya.

Kemudian dari rasa ingin tahu juga lebih tinggi. Rasa ingin tahu yang kuat dari kecil sampai ia dewasa akan terus terjag seiring bertambahnya usia mereka. Kemampuan untuk memperoleh keterampilan baru secara mandiri mulai dari membaca, kemudian menulis dan menghitung akan terus dilakukanya dengan senang hati.

Kemudian dari sisi pembagian anak anak yang sudah memiliki bakat dan kecerdasan diatas rata rata terkadang dibarengi dengan beberapa kelebihnya lainya, dimana akan coba kami bagi menjadi beberapa jenis.

Anak – anak kreatif dan cerdas adalah yang paling langka dari yang berbakat, mereka menunjukkan bakat untuk salah satu jenis kreativitas yang sudah di lakukan pertama kali dalam hidupnya.

Kemudian bakat ini sebenarnya adalah potensi yang harus orang tua perhatikan, dan berikan mereka fasilitas untuk mengembangkanya.

Anak-anak cerdas dan jenius adalah anak-anak yang bisa segalanya, karena sifatnya yang berbakat dan hampir semua bidang ilmu dia dengan mudah mempelajarinya.

Dari usia bayi, kemudian kanak-kanak kondisi ini bisa diperhatikan oleh orang tua, sang anak akan suka dengan permainan baru kemudian kondisi yang baru mereka kenal dan melakukan ekspolor dengan cara mereka sendiri.

Mereka membutuhkan pendidikan khusus, pelatihan khusus untuk tetap mengasah bakatnya lebih mahir lagi. Maka dari itu untuk memfasilitasi anak-anak yang cerdas ini terkadang para orang tua lebih memilih home schooling daripada memasuka anaknya ke sekolah reguler.

Anak-anak cerdas dengan motivasi tinggi adalah mereka yang rajin mempelajari semua yang dibutuhkan untuk kesuksesan mereka.

Tertarik untuk belajar mencoba melakukan yang terbaik dalam program umum, memenangkan olimpiade dalam satu mata pelajaran atau lebih.

Anak-anak yang mampu sedikit lebih maju dari teman-temannya dalam perkembangannya, mereka suka belajar, sangat ingin tahu, dan sejak kecil sudah jelas apakah mereka adalah anak teknisi atau humanis.

Kemudian jangan berikan beban kepada sang anak dengan mengahruskanya melakukan hal yang membuat dia terpaksa, biarkan mereka berkembang dengan rasa senang dan bahagia.

Jangan memamerkan kepribadian anak anda, itu hanya akan menyebabkan kecemburuan di pihak anak-anak lain (dan orang tua) dan mencegahnya untuk berteman.

Ingatlah bahwa anak-anak yang paling cemerlang pada usia 7-8 tahun dibandingkan dalam hal perkembangan dengan teman-temannya, yang artinya jangan ajarkan kepada anak bahwa dia lebih baik dari yang lain.