Cara Menaikkan Berat Badan Anak Yang Alami Dan Cepat

Cara Menaikkan Berat Badan Anak Yang Alami Dan Cepat

Tak hanya orang dewasa saja yang nampak menarik ketika memiliki berat badan yang ideal, tapi pada anak juga seperti itu karen anak dengan berat badan yang ideal akan nampak bugar dan sehat. Kebanyakan orangtua akan merasa sangat khawatir ketika buah hati mereka nampak kurus dan memiliki berat badan di bawah rata-rata. Jika anda mengalami masalah tersebut simak beberapa  cara menaikkan berat badan anak dengan cara alami berikut ini.

Cara menaikkan berat badan pada anak

  1. Tidur yang cukup

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan anak adalah dengan memberikan waktu tidur yang cukup. Hal ini sangat penting, jika anak memiliki aktivitas yang sangat banyak maka sebaiknya diberikan waktu tidur yang cukup, karena jika anak memiliki aktivitas yang banyak tetapi tidak cukup waktu beristirahat maka bisa mengakibatkan turunnya berat badan. Untuk itu sangat disarankan untuk menyeimbangkan antara waktu beraktivitas dengan waktu istirahat, tambahkan tidur siang jika diperlukan.

  1. Perbanyak porsi makan anak

Biasanya anak dengan berat badan yang kurang memiliki nafsu makan yang buruk alias susah makan, dalam hal ini orangtua harus benar-benar bisa mensiasati hal tersebut. Salah satunya dengan mengetahui makanan favorit sang buah hati, setelah mengetahui apa makanan kegemaran anak maka bisa ditambah porsi menu kesukaan anak tersebut.

  1. Buat jadwal makan

Salah satu penyebab anak memiliki tubuh kurus dan berat badan di bawah rata-rata adalah sering melewatkan waktu makan. Untuk mengatasinya adalah dengan membuat dan mematuhi jadwal makan bagi anak, biasakan anak untuk makan 3 kali dalam sehari dengan diselingi 2 kali makan.

  1. Mengatur volume minum ketika makan

Cara lain untuk menambah berat badan pada anak adalah dengan membatasi volume minum pada saat anak makan, karena jika tidak diatur biasanya anak akan banyak minum ketika makan yang akan membuat anak akan merasa lebih cepat kenyang dari seharusnya dan kebutuhan kalori tak akan tercapai.

  1. Meningkatkan asupan karbohidrat

Asupan karbohidrat biasanya didapat dari nasi dan yang menjadi masalah adalah terkadang anak tidak suka makan nasi, untuk mengakali masalah tersebut bisa dengan memberi anak cemilan yang tinggi kalori seperti buah-buahan kering, granola, madu dan kismis.

Cara menghitung berat badan idel anak

Untuk mengetahui berat badan idel anak bisa dengan menggunakan rumus BMI atau Body Mass Indeks, yakni berat badan anak dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter. Misalnya anak usia 9 tahun, berat badan 45 kg, tinggi badan 1,65 m maka cara menghitungnya adalah 45/(1,65 x 1,65) = 16,5. Selanjutnya bisa dilihat pada tabel BMI, dalam tabel disebutkan berat badan ideal anak usia 9 tahun adalah 13,5 sampai dengan 18,4, jadi anak tersebut memiliki berat badan normal. Demikian beberapa cara menaikkan berat badan anak secara alami, semoga bermanfaat.