Cara Aktivasi BNI Mobile Banking dan Proses Registrasinya

Kecepatan pemberian layanan di perbankan menuntut BNI berinovasi dalam hal aplikasi mobile banking. Para nasabah dibuat menjadi semakin mudah dalam bertransaksi karena akses dapat dilakukan melalui smartphone. Bahkan dalam mencari tahu informasi saldo tidak lagi harus pergi ke ATM dan dapat dilakukan melalui smartphone. Bagi Anda yang ingin melakukan registrasi aplikasi mobile banking maka perlu mengetahui cara aktivasi BNI Mobile Banking juga.

Aplikasi ini benar-benar merupakann solusi bagi orang-orang yang sibuk. Pembayaran bermacam-macam tagihan dapat dilakukan hanya dari genggaman, termasuk kartu kredit. Bahkan Anda sekarang akan dapat membayar tiket pesawat sekaligus membeli pulsa dengan mudah tanpa harus datang ke counter seluler.

Apa Itu BNI Mobile Banking?

Anda yang masih awam terhadap BNI Mobile Banking dapat mengenal semakin detail dari informasi ini. Fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemudahan dalam menjalankan transaksi di luar negeri. Sebelum mulai melakukan registrasi dan aktivasi, setiap nasabah diharuskan mendownload aplikasi langsung di Google Play Store untuk smartphone Android dan App Store untuk iPhone.

Namun Anda harus memperhatikan spesifikasi dari setiap smartphone yang digunakan, karena Android minimal harus versi 5.1 Lollipop dan iPhone iOS minimal versi 11. Jika Anda memiliki smartphone dengan spesifikasi lebih rendah, jangan harap dapat mengakses informasi dengan mudah.

Kita juga akan membahas tentang apa saja fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi mobile banking ini. Beberapa fiturnya dapat Anda ketahui berikut ini.

  • Rekeningku

Fitur pertama yang akan kami jelaskan adalah mengenai Rekeningku. Nasabah akan bisa memeriksa tabungan dan giro mereka. Selain itu nasabah juga dapat memilih untuk melakukan Deposito atau memiliki tabunagan Tapenas. Bukannya tidak mungkin juga nasabah dapat melakukan pinjaman, investasi, pembukaan rekening, sampai DPLK.

  • Transfer

Kini kita sudah berada di era dimana sebagian besar transaksi yang bisa mendapatkan diskon dilangsungkan online. Dalam menjawab kebutuhan bertransaksi online, aplikasi BNI Mobile Banking juga hadir dengan fitur bermacam-macam terkait transfer. Beberapa fitur transfer berupa transfer ke rekening sendiri, transfer ke sesama pengguna BNI, transfer antar bank, kliring, dan lain-lain.

Nasabah juga akan bisa melakukan transfer Dana Pensiun atau BNI Simpoini. Anda yang memerlukan transaksi ke berbagai marketplace juga dapat melakukan transaksi berjenis Virtual Account Billing. Sedangkan fitur BNI Mobile Banking yang terbaru adalah International Remittance.

  • Pembayaran

Nasabah juga bisa memanfaatkan aplikasi mobile banking untuk melakukan pembayaran yang berakitan dengan tagihan kartu kredit, kartu kredit bank lain, pasca bayar telepon, bayar listrik, dan lain-lain. Tidak menutup kemungkinan nasabah juga dapat melakukan pembayaran yang berhubungan dengan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Fitur yang bisa membuat kita terkagum-kagum adalah Anda jadi dapat melakukan pembayaran biaya pendidikan, pajak, tiket kereta api, beli internet, dan pembayaran asuransi juga dari aplikasinya. Aplikasi mobile banking ini seolah menjadi solusi banyak sekali hal yang berhubungan dengan kehidupan transaksi masyarakat. Tidak sampai satu jam segala urusan Anda dalam hal transaksi dapat diselesaikan.

  • Investasi

Fitur baru dari aplikasi BNI Mobile Banking yang lainnya adalah SBN Ritel dan reksadana. Generasi milenial yang sudah menjadi nasabah akan dapat mengalihkan sebagian tabungan ke tempat investasi. Investasi memungkinkan para nasabah untuk rajin dalam menabung dan mendapatkan kestabilan finansial jangka panjang.

  • Digital Loan

Dilansir langsung dari website BNI, kini nasabah sudah dapat menggunakan fitur digital loan. Fiturnya memungkinkan para nasabah untuk mengajukan pinjaman online. Namun sebaiknya gunakan fitur ini bila bertujuan untuk mengembangkan bisnis dan bukannya untuk menunjang kehidupan sehari-hari Slot gacor online paling menguntungkan.

Limit Transaksi dengan M-Banking BNI

Anda sudah mengetahui apa saja fitur yang terdapat di dalam aplikasinya. Penting juga untuk mengetahui limit transaksi segmen upper mass, seperti transfer ke BNI adalah Rp 100 juta per transaksi. Namun transaksi maksimal per hari adalah Rp 200 juta. Transfer antar bank memiliki maksimal limit Rp 50 juta per transaksi.

Sedangkan maksimal transfer per hari adalah Rp 200 juta. Kita juga akan membahas tentang transfer kliring yang maksimal limit per transaksi adalah Rp 50 jutaan. Limit setinggi tersebut tentu akan sangat membantu nasabah yang perlu transfer dalam jumlah sangat banyak per harinya.

Cara Daftar M-Banking BNI 

Selanjutnya kita akan membahas tentang cara mendaftar m-banking BNI. Dilanjutkan dengan cara aktivasi BNI Mobile Banking juga yang semuanya diselesaikan melalui smartphone saja. Namun cara ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang sudah terdaftar dalam keanggotaan BNI. Mari kita simak mengenai penjelasan cara pendaftarannya.

  • Registrasi Mobile Banking

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi belum berakhir dan kita tetap harus terus waspada serta menjalankan protokol kesehatan. Kita tidak boleh lengah untuk selalu menerapkan social distancing sambil menghindari kerumunan. Salah satu cara untuk menghindari kerumunan adalah tidak datang ke tempat publik kalau tidak sangat terpaksa.

Menjawab kebutuhan tersebut sekarang nasabah akan dapat melakukan pendaftaran tanpa datang ke bank maupun mesin ATM. Anda benar-benar dapat menyelesaikan registrasi dan cara aktivasi BNI Mobile Banking melalui smartphone saja. Langsung saja kita bahas dimulai dari proses registrasi dahulu.

  • Donwload dan install dahulu bagi nasabah yang belum memiliki aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone.
  • Klik Buka aplikasi untuk bisa mulai memilih opsi Register. Perhatikan dahulu apakah Anda sudah punya rekening BNI atau belum karena yang dapat mengakses ini nantinya yang sudah terdaftar sebagai anggota BNI.
  • Lakukan pengisian data dengan sekesama sesuai dengan KTP dan harus sama dengan yang terdaftar dalam sistem BNI.
  • Ketikkan kode registrasi sebanyak 6 digit dan pemberitahuan kode registrasi akan diberikan melalui email yang terdaftar di sistem BNI.
  • Buat MPIN sebanyak 6 digit dan lakukan konfirmasi terhadap kode MPIN tersebut. Dilanjutkan dengan membuat kode transaksi dengan kombinasi huruf dan angka. Kode transaksi minimal sebanyak 8 karakter dengan kode maksimal 12 karakter.
  • Selesai memasukkan kode transaksi maka Anda bisa tap bagian Simpan dan tunggu sampai ada informasi registrasi sukses.
  • Cara Aktivasi BNI Mobile Banking

Setelah melakukan registrasi seorang nasbaah juga perlu mengaktivasinya. Proses aktivasi juga bisa dilangsungkan online dan tata cara runtut dapat diikuti berikut.

  • Input User ID dan lakukan input untuk nomor kartu debit (kartu ATM).
  • Tap pada lokasi negara dan tunggu sampai ada kode OTP masuk ke dalam SMS Anda. Kode OTP sebanyak 6 digit dan akan dikirimkan ketika nasabah memiliki pulsa. Paling tidak selalu sediakan pulsa Rp 10.000.
  • Ketikkan MPIN dan usahakan bukan MPIN default yang masih gampang dibobol. Bahkan nasabah juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan nama dan tanggal ulang tahun sebagai password.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa Anda berhasil mengaktivasi BNI Mobile Banking.