Biaya Wisata Desa Sanonggoang Labuan Bajo

Supaya rencana Open trip labuan bajo terasa lebih sempurna, kamu wajib mengetahui informasi mengenai lokasi, rute perjalanan, tiket wisata, penginapan dan biaya yang harus dikeluarkan ketika mengunjungi Desa Sanonggoang ini. Penasaran? Mari disimak dengan seksama, ya!

 

1.Lokasi
Desa ini terletak di Desa Wae Sano, Kecamatan Sanonggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Desa ini terletak 63 kilometer dari kota Labuan Bajo. Luas Desa yang mencapai 513 hektare ini memiliki kedalaman 600 dan berada di ketinggian 750 mdpl.

Meskipun lokasi jalan yang rusak membuat perjalanan kamu sedikit lama, akan tetapi hal tersebut akan sebanding dengan pemandangan yang akan kamu dapatkan ketika sampai di pertigaan jalan menuju Dusun Nunang. Hamparan hijau dan hutan yang masih asri siap menyambut kamu.

Selain itu, kamu juga dapat menemukan penduduk desa setempat yang tinggal di rumah tradisional terbuat dari anyaman bambu. Lokasi desa terpencil ini menjadikan pengunjung tenteram dari kebisingan dan merasa tenang.

 

2. Rute Perjalanan
Apabila naik menggunakan transportasi pesawat, kamu bisa transit di bandara Denpasar, kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik kapal Feri sekitar 4-5 jam menuju NTT.

Perjalanan darat dari kota Labuan Bajo dapat ditempuh dengan waktu 3-4 jam. Pintu masuk Desa Sanonggoang terletak di Desa Wae Sano, tepatnya Dusun Nunang.

Rute perjalanan menantang harus siap kamu hadapi, apalagi tiga per empat dari perjalanan ini adalah kombinasi bebatuan kerikil, aspal dan jalan tanah yang membuat kendaraanmu harus mengalah apabila berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan.

 

3. Tiket Masuk dan Jam Buka
Dengan membayar tiket sebesar Rp 20.000, kamu sudah dapat menikmati wisata Desa Sanonggoang selalu buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00. Namun, hindari para calo saat menawarkan jasa transportasi yang mungkin bisa membuat pengeluaranmu membengkak.

 

4. Fasilitas
Beberapa fasilitas yang tersedia di Desa Sanonggoang ini di antaranya, papan informasi, peta wisata, tour guide terlatih, peralatan untuk mengamati burung dan juga homestay yang telah disediakan penduduk dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Menginap di homestay penduduk di kawasan pelosok ini patut untuk kamu coba agar mendapat pengalaman baru dan seru. Misalnya seperti menikmati tenaga listrik matahari di siang hari, tanpa AC, suasana alami akan menemani kamu di tempat penginapanmu.

Beberapa informasi mengenai wisata Desa Sanonggoang Labuan Bajo telah kamu baca. Kamu bisa gunakan referensi ini sebagai petunjuk untuk kamu yang memiliki rencana menghabiskan liburan di dalam negeri tahun ini.