Bagaimana Mengatasi Depresi pada Anak?

Depresi pada anak sebenarnya memiliki gejala yang sama dengan orang dewasa, namun terkadang depresi pada anak datang dalam bentuk yang berbeda. Anak-anak yang depresi mungkin tidak selalu tampak sedih, tetapi mereka juga bisa menjadi agresif dan mudah tersinggung.

Pengobatan depresi pada anak-anak berbeda dengan orang dewasa dalam beberapa hal. Beberapa orang tua mungkin bingung bagaimana menangani depresi pada anak.

Orang tua tidak perlu bersedih karena Anda dapat menggunakan beberapa tip di bawah ini untuk membantu mengelola depresi pada anak Anda.

6 cara mengatasi depresi pada anak

Perawatan untuk depresi pada anak-anak mungkin sedikit berbeda dari pada orang dewasa. Terlepas dari kenyataan bahwa terkadang anak-anak tidak memahami apa yang sedang terjadi, depresi pada anak dapat memanifestasikan dirinya secara berbeda. Orang tua tidak perlu kewalahan dan bingung. Berikut beberapa cara mengatasi depresi pada anak yang bisa Anda coba:

1. Mengasihi dan bersabar dengan anak

Ketika anak-anak mengalami depresi, perilaku dan suasana hati mereka bisa berubah, membuat orang tua frustasi dan kesal. Akan tetapi, orang tua harus selalu mengingatkan diri sendiri bahwa apa yang dilakukan dan dirasakan oleh anak-anak mereka adalah bagian dari depresi.

Cobalah untuk memahami anak itu dan jangan memarahi mereka. Menjaga hubungan yang positif dengan anak merupakan salah satu kunci penanganan depresi pada anak.

2. Meluangkan waktu dengan anak

Berkomunikasi dan menghabiskan waktu dengan anak tidak hanya membantu orang tua mengetahui apa yang dialami, dirasakan, dan dipikirkan anak mereka, tetapi juga bisa menjadi cara untuk mengatasi depresi pada anak.

Menghabiskan waktu bersama anak dapat menciptakan emosi dan suasana hati yang positif bagi anak. Anda bisa mengajak anak bermain di wahana, makan bersama anak, memasak bersama anak, dan lain sebagainya.

Tidak hanya dari sisi keluarga, orang tua juga perlu mendukung anaknya agar bisa tetap berhubungan dengan teman-temannya.

3. Mengajarkan anak teknik-teknik relaksasi

Berbicara dan menghabiskan waktu bersama anak dapat membantu anak mengatasi stres yang dialaminya. Namun, orang tua juga harus mengajari anak teknik relaksasi yang dapat membantu mereka mengelola depresi.

Beberapa teknik relaksasi yang dapat Anda ajarkan pada anak Anda adalah kesadaran, teknik pernapasan, visualisasi, dan relaksasi otot progresif.

Selain itu, Anda dapat membantu anak Anda memilah-milah pikiran negatif yang mereka alami dan mengubahnya menjadi pikiran positif. Selalu puji dan dorong anak-anak ketika mereka mengambil langkah-langkah untuk menghadapi depresi atau ketika mereka membuat kemajuan.

4. Peka terhadap anak anak

Orang tua perlu peka terhadap kondisi anak-anaknya. Orang tua perlu mengetahui ketika anak mengalami depresi dan selalu mendorong anak untuk mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan pikirkan dengan lembut.

Jangan pernah mengabaikan gejala depresi pada anak. Jika anak Anda depresi atau kembali lagi, segera temui dokter dan ahli kesehatan mental.

5. Penuhi kebutuhan anak

Cara mengatasi depresi juga harus dilihat dari sisi fisik. Orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak mereka memiliki pola makan yang sehat dan seimbang, cukup tidur, dan berolahraga secara teratur.

Jika anak Anda sedang menjalani pengobatan depresi, Anda perlu memastikan bahwa anak tersebut terus meminum obat yang diberikan kepadanya.

6. Menjaga diri sendiri

Orang tua hendaknya tidak mengabaikan kesehatan fisik dan mentalnya karena ketika orang tua telah membahayakan kesehatan mental dan fisiknya, orang tua mengalami kesulitan untuk menangani depresi pada anak.

Yuk cari tahu informasi mengenai kosmetik jafar di perawatan sehat dengan url resminya https://perawatansehat.co.id.