Apakah Cowok Boleh Pakai Cincin Berlian Solitaire?

Mengenakan cincin di jari manis merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang laki-laki. Namun, kenali terlebih dulu hukum mengenakan cincin bagi seorang laki-laki. Salah satu contoh cincin nikah yang paling banyak dipilih adalah cincin berlian solitaire.

Apakah Cowok Boleh Pakai Cincin Berlian Solitaire?

Apakah Cowok Boleh Pakai Cincin Berlian Solitaire?

Berbicara perihal boleh atau tidaknya dalam memakai cincin bagi seorang laki-laki, itu berarti mengarah pada hukum yang menggaris bawahi perihal penggunaan berlian pada laki-laki. Sebelum mengenakan kenali terlebih dulu beberapa hal berikut ini.

1. Bentuk Cincin

Mengenakan cincin bagi seorang laki-laki memang memiliki hukum tersendiri. Cincin yang tidak boleh dikenakan seorang laki-laki adalah cincin yang menyerupai cincin yang dikenakan oleh seorang wanita. Hukum dasarnya adalah laki-laki dilarang mengenakan pakaian dan juga aksesoris seperti wanita.

Laki-laki diperbolehkan mengenakan cincin yang diperuntukkan khusus untuk model cincin laki-laki karena cincin yang dikenakan laki-laki berbeda gaya dengan cincin yang dikenakan oleh wanita.

2. Bahan Cincin

Dalam islam hukum laki-laki mengenakan cincin adalah dilarang apabila perhiasan tersebut berwarna kuning. Berbeda dengan cincin berlian yang memiliki beberapa warna, yaitu white, gold, rose gold.

Jadi, apabila seorang laki-laki mengenakan cincin berwarna emas atau tembaga hukumnya adalah dilarang.

Untuk itu saat ini banyak yang menyediakan cincin berlian solitaire berwarna putih agar dapat dikenakan oleh laki-laki. Ada banyak berlian dengan model terbaru dan dengan harga bersaing. 

3. Kondisi Khusus

Terdapat beberapa keadaan khusus yang memperbolehkan laki-laki mengenakan cincin dengan berbagai bahan. Salah satu contoh keadaan tersebut adalah adab. Jika mengenakan cincin merupakan sebuah adab bagi suku tertentu maka hukum memakai cincin bagi laki-laki adalah diperbolehkan.

Namun, jika kamu masih ragu alangkah baiknya jika kamu mengenakan cincin yang berbahan perak. Karena cincin yang berbahan perak dapat dikenakan oleh sapa saja. Meski cincin tersebut mengandung berlian, tapi apabila unsur utamanya adalah perak maka tetap diperbolehkan.

Cincin Nikah yang Boleh Digunakan Oleh Laki-laki Muslim

Sudah jelas hukum mengenakan cincin kawin emas bagi seorang laki-laki adalah dilarang. Jadi, kamu harus mencari cincin kawin yang tidak berbahan dari emas. Ada beberapa alternatif cincin kawin untuk pria muslim yang bisa kamu jadikan referensi.

Jadi untuk laki-laki muslim yang ingin mengenakan cincin kawin, kamu bisa memilih cincin yang terbuat dari emas putih, cincin perak, atau palladium. Sebagai contoh adalah cincin berlian solitaire yang terbuat dari emas putih.

Tidak hanya memiliki keindahan semata, cincin berlian solitaire ini juga memiliki makna yang mendalam. Berlian solitaire memiliki lambang kesetiaan.

Jadi, cincin berlian ini akan sangat cocok digunakan untuk acara pertunangan atau perkawinan yang mengharuskan laki-laki juga mengenakannya.