Apa yang Dimaksud Dengan Aerator? Apa Sih Fungsinya?

main image

 source gambar : blibli.com

Ketika melihat-lihat ikan di akuarium, kalian pasti seringkali melihat penggunaan aerator di dalamnya. Namun, beberapa dari kalian mungkin belum tahu apa fungsi sebenarnya dari mesin tersebut. Apakah aerator berperan sangat besar dalam kehidupan ikan di aquarium?

Jawabanya adalah tidak, ikan masih akan bisa bertahan hidup walaupun tidak ada aerator di dalam aquarium. Pada dasarnya, penggunaan aerator dalam aquarium hukumnya adalah tidak wajib.

 

Pengertian Aerator

Aerator adalah alat yang digunakan untuk memompa udara masuk ke aquarium. Aerator harus dikombinasikan dengan air stone agar bisa menciptakan gelembung udara di dalam aquarium.

Air stone sendiri merupakan batu yang berongga di dalamnya, sehingga ketika aerator memompa udara, batu tersebut akan menciptakan gelembung-gelembung udara. Sebenarnya, aerator bukanlah alat yang bisa menciptakan oksigen di dala aquarimum. Banyak orang yang salah paham dengan fungsi aerator, mereka berpikir bahwa alat ini bisa menciptakan oksigen untuk menunjang kehidupan ikan di aquarium.

 

Fungsi Aerator

Aerator sendiri sebenarnya memiliki beberapa fungsi, pembuatan oksigen sama sekali tidak termasuk di dalamnya. Selain itu, penggunaan aerator juga tidak sangat wajib dilakukan ketika memelihara ikan di aquarium. Tanpa aerator sekalipun, sebenarnya ikan kamu masih bisa tetap bertahan hidup dan mendapatkan asupan oksigen.

Fungsi utama dari aerator adalah menciptakan gerakan di dalam air, sehingga memungkinkan terjadi pertukaran gas. Pergerakan air ini bisa menciptakan pertukaran antara oksigen dan karbondioksida di permukaan air. Jadi, pada dasarnya aerator hanya membantu dalam pertukaran gas, bukan menciptakan gas itu sendiri.

Selain itu, aerator juga bisa berfungsi sebagai hiasan, aquarium yang terlihat memiliki gelembung udara di dalamnya tentu saja akan terlihat begitu menarik untuk beberapa orang. Gelembung-gelembung ini bisa membuat orang senang saat melihatnya.

Yang terakhir, aerator juga biasa dimanfaatkan untuk merancang filter air. Walaupun sebenarnya tidak cukup sering ditemukan penggunaan filter dengan kombinasi aerator seperti ini.

 

Harga Aerator

Aerator memiliki harga yang berbeda-beda untuk setiap merknya. Harga aeratornya bisa mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Perbedaan harga ini biasanya tergantung dengan kemampuan serta tegangan listrik dari aerator tersebut.

 

Itulah beberapa informasi mengenai aerator yang bisa kami sampaikan untuk saat ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, mohon maaf apabila terdapat kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan artikel ini.