Apa Saja Pertolongan Pertama Saat Mengalami Cedera Olahraga?

Asian Games 2018 sudah berakhir. Namun, beberapa momen tetap melekat dalam ingatan masyarakat Indonesia. Dimulai dengan sukses di urutan keempat hingga medali emas di Asian Games.

Salah satu momen menarik di bulu tangkis adalah ketika Anthony Ginting melawan tunggal putra China Shi Yuqi pada pertandingan final di Jakarta.

Anthony Ginting kesakitan karena kram otot. Meski unggul, Anthony Ginting tak bisa melanjutkan permainan karena cedera.

Anda ingin mendapatkan info setiap waktu tentang sepatu vans atau sneaker? Silahkan bisa kunjungi tautan tersebut.

Anthony Ginting kalah, namun rakyat Indonesia tetap menghargai perjuangannya. Bagaimanapun, cedera biasa terjadi dalam olahraga.

Tidak hanya untuk atlet kelas dunia, Anda juga bisa mengalaminya. Jadi apa yang harus Anda lakukan jika Anda melukai diri sendiri saat berolahraga? Berikut beberapa opsinya:

Defleksi

Nyeri tiba-tiba di tubuh adalah tanda cedera. Langkah pertama dalam pemulihan dari cedera adalah mencegah cedera semakin parah atau menyebar. Bagaimana? Bagian tubuh yang cedera harus segera diistirahatkan agar optimal untuk pemulihan. Jadi sebaiknya jangan memaksakan gerakan saat tubuh Anda terluka.

Manfaatkan es batu

Yang biasanya terjadi saat bagian tubuh Anda terluka adalah memar. Saat otot terluka, memar dan pendarahan internal sering terjadi. Pembengkakan itu menyebabkan rasa sakit yang menyiksa. Untuk menghilangkan rasa sakit, Anda bisa mengoleskan es ke area tersebut, yang bisa menghentikan pendarahan jika Anda terluka.

kompresi

Hal ketiga adalah kompresi yang dilakukan untuk mencegah pembengkakan. Kompresi dapat dilakukan dengan membungkus bagian tubuh yang terluka dengan kain dan dapat dilakukan terus menerus selama 24 jam pertama setelah cedera.

Namun, disarankan untuk tidak membungkus bagian tubuh yang cedera terlalu erat untuk menjaga aliran darah.

Mengangkat bagian tubuh yang terluka

Jika mengalami cedera, Anda juga dapat mengangkat anggota tubuh yang cedera di atas jantung (sekitar 6 hingga 25 cm) untuk mengurangi pembengkakan. Cara ini sering disebut dengan dodging.

Tindakan ini untuk mengeluarkan darah dan cairan dari area yang meradang. Anda bisa melakukan ini beberapa kali untuk mengurangi pembengkakan.

Ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan jika Anda melukai diri sendiri saat berolahraga. Bagi Anda yang mendambakan hidup sehat, jelas rutinitas olahraga harus dilakukan secara bertahap agar tubuh tetap bugar tanpa cedera.