Download Streaming Film Sub Indonesia Dari Marvel

8 Cara Meningkatkan Kualitas Gaya Hidup

Peningkatan kualitas hidup hanya bisa dilakukan jika seseorang memiliki kemauan yang sungguh-sungguh untuk hal itu.

Pada semua aspek kehidupan segalanya bisa berjalan lancar dan berkualitas jika diurus dengan baik. Oleh karena itu, mengurusi gaya hidup adalah hal yang penting.

Seorang ayah bagaimana bisa memiliki hubungan yang dekat dengan anak-anaknya jika tidak memiliki waktu berkualitas dengan anak-anaknya. Disinilah pentingnya memiliki gaya hidup yang berkualitas agar segalanya bisa berjalan dengan seimbang.

Dengan menjaga gaya hidup yang seimbang maka hal ini sangat penting agar kita bisa menjalani hidup dengan tenang dan bahagia.

Sebaliknya, mengikuti gaya hidup yang buruk dari sebagian orang maka akan menyebabkan ketidaknyaman dalam hidup.

Tips Agar Memiliki Gaya Hidup yang Berkualitas

1. Minum Air Putih Yang Cukup Adalah Keharusan
Sebagian orang agak meremehkan tentang manfaat air putih dan pentingnya air putih bagi tubuh. Untuk memenuhi cairan tubuh, maka utamanya bukan diperoleh dari minuman bersoda, bergula dan semacamnya.

Namun, memenuhi cairan tubuh utamanya harus dengan air putih, hal itu karena besarnya manfaat air putih. Kekurangan asupan air putih bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

Dari laman beaufo.id, bahwa dibalik kesederhanaan air putih ternyata manfaatnya tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, tetapi juga banyak memberikan manfaat kesehatan. Minuman jenis yang lain seperti soft drink memiliki kandungan gula dan kalori tinggi, yang dampak mengonsumsinya bisa menyebabkan resiko kegemukan.

Demikian juga memilih minuman berenergi sebagai sumber cairan maka hendaknya Anda memikirkan ulang, hal itu karena kandungan gula dan kafeinnya. Hal ini juga termasuk jus buah kemasan, dimana dari semua jenis minuman tersebut maka tetaplah air putih yang paling menyehatkan.

Air putih sangat sehat dikonsumsi, yang bebas dari kalori dan gula. Berikut berbagai manfaat minum air putih:

  • Menjaga kesegaran kulit tubuh.
  • Mempertahankan suhu tubuh yang normal.
  • Menjaga kecukupan kadar cairan tubuh.
  • Menjaga fungsi pencernaan dan penyerapan makanan yang baik.
  • Membantu menjaga kesehatan dan fungsi  ginjal.
  • Membantu melumasi sendi-sendi tubuh agar tetap lentur. Dimana tubuh yang kekurangan cairan dapat mengakibatkan otot mudah lelah.
  • Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh, sehingga minum air putih sedikit-banyak akan membantu mencegah teradinya obesitas.
  • Melancarkan proses pembuangan racun dan sisa-sisa makanan dari dalam tubuh.

Ketika kondisi cuaca sangat panas maka pebanyaklah minum air putih. Kecukupan cairan adalah hal yang sangat penting.

2. Awali Hari Sebelum Beraktivitas dengan Sarapan
Sarapan di pagi hari menjadi sumber energi yang sangat penting untuk menjalani aktivitas panjang seharian. Sarapan juga akan menjaga mood, orang-orang yang sarapan pagi dan yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda.

Mereka yang melakukan sarapan memiliki mood yang lebih baik daripada mereka yang tidak sarapan. Sarapan akan meningkatkan konsentrasi, dimana otak membutuhkan asupan energi untuk berpikir dan berkonsentrasi. Tidak sarapan menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi.

Dengan melakukan sarapan, maka kita akan bisa lebih mengontrol berat badan. Dari banyak penelitian yang telah dilakukan menemukan bahwa sarapan pagi bisa membantu keberhasilan diet seseorang.

Hal itu karena mengisi perut di pagi hari bisa menekan nafsu makan yang terlalu berlebihan ketika di siang dan sore hari.

Makan yang terlalu “over” ini menyebabkan seseorang menjadi beresiko untuk mengalami kegemukan.

Selain itu, orang yang tidak sarapan nantinya akan cenderung mengkonsumsi makanan secara “membabi buta”, dengan tanpa memperhatikan nutrisinya. Sehingga hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan nantinya.

Sarapan pagi sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, obesitas dan lainnya.

Sarapan sangat baik, terutama lagi untuk anak-anak. Dengan membiasakan anak untuk melakukan sarapan maka sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

Anak yang terbiasa sarapan akan memiliki daya tangkap, daya ingat dan konsentrasi yang lebih baik. Hendaknya orang tua memberikan anak sarapan, dan mencegah anak jajan sembarangan di luar.

Sebagai tips dalam melakukan sarapan, maka sarapan dengan makanan kaya kandungan serat, sayuran dan buah-buahan. Sarapan dengan makanan yang tinggi protein dan rendah lemak.

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sarapan seperti telur dan susu.

3. Jalani Hari-hari dengan Seyuman
Saat seseorang tersenyum maka dirinya akan memancarkan energi positif. Tersenyum akan menjadikan kita merasa lebih baik, nyaman, tenang dan sehat. Tersenyum membuat hati lebih tenang dan bahagia.

Ciri-ciri orang yang memiliki gaya hidup yang baik dan sehat adalah mudah tersenyum. Orang yang murah senyum umumnya mudah untuk memiliki banyak teman yang baik-baik.

Tersenyum tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun orang lain akan ikut menjadi bahagia ketika melihat kita tersenyum, karena senyumman itu memancarkan aura positif di dalam diri.

Tersenyum juga membuat beban berat yang dialami menjadi terasa lebih ringan, serta mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

Oleh karena itu, menghiasi hari-hari dengan seyuman adalah hal yang sangat bagus, dengan tersenyum maka suasana bisa menjadi lebih baik

Senyuman ternyata juga bisa membuat kita awet muda. Hal itu karena dengan tersenyum maka Anda akan menjadi orang yang tidak mudah marah, cemas, dan panik. Orang yang suka marah maka akan memiliki wajah yang kusam dan cepat kriput.

Tersenyum membuat tubuh sehat, adapun orang yang suka marah-marah maka bisa menyebabkan terkena resiko penyakit tekanan darah tinggi, serangan jantung hingga stroke.

Dengan tersenyum, maka Anda akan terlihat ramah dan orang-orang pun menjadi senang mellihat Anda. Mudah tersenyum juga akan membuat Anda terlihat menyenangkan dan tidak sombong.

Selain itu, tersenyum juga akan menambah kepercayaan diri seseorang, dan juga menambah semangat dalam menjalani hari-hari.

4. Buang Segala Kebiasaan Buruk
Anda harus mulai berusaha menghindari kebiasaan buruk supaya Anda bisa memiliki gaya hidup yang berkualitas. Mulai dari kebiasaan buruk sederhana seperti suka menggigiti kuku.

Seperti diketahui bahwa tangan dipenuhi dengan kuman jahat. Menempatkan tangan atau jari tangan di hidung atau mulut merupakan hal yang sangat buruk, karena bisa menjadi penyebab tersebarnya kuman dan masuk ke dalam tubuh.

Kebiasaan buruk merokok ini sudah umum diketahui bisa menyebabkan penyakit sangat berbahaya yaitu kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, perut dan pankreas. Selain itu merokok bisa meningkatkan resiko penyakit jantung.

Mendengarkan musik dengan keras, baik itu sebentar maupun dalam waktu lama maka harus dihindari. Bahayanya yaitu bisa menyebabkan gangguan fungsi pendengaran, bahkan bisa menyebabkan kehilangan pendengaran.

Jangan jadi orang yang mudah marah, dimana marah merupakan ketidakmampuan jiwa dalam mengendalikan emosi, yang akibatnya tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga mengancam kebahagiaan semua anggota keluarga.

Minum minuman beralkohol adalah bentuk gaya hidup yang tidak baik dan tidak sehat, seperti halnya rokok, mengonsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

5. Hindari Terlalu Banyak duduk
Tanpa disadari banyak orang yang memiliki aktivitas atau pekerjaan yang dikerjakan dalam posisi duduk, seperti pekerja di kantor, penjahit, dll. Kebiasaan duduk lama yang kurang sehat ini juga dialami oleh mereka yang suka menonton televisi dalam waktu lama.

Banyak peneliti dan ahli kesehatan sudah lama memperingatkan akan bahaya dari banyak duduk, seperti bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Hal ini bisa terjadi karena tubuh yang dalam posisi duduk berjam-berjam menyebabkan metabolisme tubuh menjadi lambat.

Hal ini menyebabkan perlambatan darah yang mengalir di dalam tubuh, yang kemudian bisa mengakibatkan proses pembakaran kalori seperti lemak menjadi tidak maksimal.

Kondisi ini akan membuat terjadinya penumpukan lemak di otot tubuh dan pembuluh darah. Dimana kondisi ini jika berlangsung dalam waktu lama bisa menyebabkan lemak akan menyumbat pembuluh darah, yang kemudian memberikan masalah sangat serius bagi organ jantung.

Terlalu lama duduk bisa menyebabkan penyakit diabetes. Hal itu karena saat seseorang duduk terlalu lama maka menyebabkan menurunnya fungsi organ pankreas. Sehingga hal ini menyebabkan pankreas akan menghasilkan lebih sedikit insulin dari seharusnya.

Kondisi pankreas yang tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup bagi tubuh, bisa memicu resiko penyakit diabetes.

Bahaya lainnya dari duduk terlalu lama yaitu mengakibatkan peningkatan resiko penyakit kanker. Jenis-jenis penyakit kanker yang rentan menyerang yaitu kanker usus besar, kanker payudara dan kanker rahim.

Duduk terlalu lama bisa menyebabkan komplikasi pencernaan, hal itu karena kondisi tubuh yang dalam posisi duduk terlalu lama bisa mengakibatkan tekanan yang terlalu lama untuk perut. Tekanan inilah yang menyebabkan proses pencernaan lebih lambat.

Dampak dari gangguan pencernaan seperti ini, dimana pencernaan tidak berjalan dengan baik yaitu muncul rasa mulas pada perut, sembelit, perut kembung, kram, dan terlalu sering buang gas.

Beberapa dampak buruk lainnya dari terlalu lama duduk yaitu:

  • Penurunan fungsi otak karena otak tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang mencukupi.
  • Gangguan postur tubuh, dan perubahan postur tulang belakang.
  • Muncul rasa sakit pada leher dan bahu.
  • Resiko pembekuan darah karena pembuluh darah di kaki tidak beraktifitas dengan baik. Kondisi ini bisa mengakibatkan pergelangan kaki menjadi bengkak dan bisa menyebabkan varises di sekitar bagian kaki.

Bagi Anda yang bekerja dalam posisi duduk dalam waktu lama, maka disarankan untuk minum lebih banyak air, dan berdirilah atau lakukan aktivitas ringan setiap 30 menit.


6. Cukupi Kebutuhan Tidur (Jangan Begadang)
Kebiasaan begadang yang membuat seseorang kurang tidur di malam hari akan dapat menyebabkan seseorang rentan mengalami lelah, serta bisa mempengaruhi kondisi di pagi dan siang hari menjadi kurang baik.

Kondisi di pagi dan siang hari yang tidak fit, akan menyebabkan seseorang menjadi kurang produktif. Kurang tidur dalam jangka panjang bisa menyebabkan resiko penyakit serius yaitu hipertensi dan diabetes.

Mencukupi kebutuhan tidur sangat penting dan banyak manfaatnya, yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengoptimalkan proses metabolisme tubuh, meningkatkan produktivitas kerja, dll.

Kurang tidur bisa menyebabkan seseorang terkena depresi. Gejala yang sering ditemukan adalah seperti munculnya rasa cemas berlebihan, mudah marah, sensitif, dan tubuh lemas.

Seseorang yang sering mengalami depresi bisa terkena resiko berbahaya berupa penyakit jantung dan kanker. Kurang tidur juga menyebabkan penampilan kulit menjadi buruk, daya ingat melemah dan resiko obesitas meningkat.

7. Hindari Ketergantungan Pada Ponsel
Pada masa yang katanya serba canggih ini, banyak orang yang menjadikan ponsel atau gadget sebagai benda super penting yang wajib dimiliki. Sebenarnya sebuah masalah serius jika seseorang sudah kecanduan pada ponsel atau gadget miliknya.

Menghabiskan hidup untuk bersama ponsel maka akan dapat mengabaikan seseorang dari hal-hal yang penting. Kecanduan gadget menyebabkan seseorang menjadi tidak produktifitas, jarang berinteraksi dengan sesama, dan jarang bersilaturahmi.

Gaya hidup yang baik adalah seimbang, walaupun sekarang ini merupakan zaman teknologi, namun bukan berarti kita tidak menjalani budaya kehidupan yang telah turun-temurun yaitu berinteraksi dengan orang di sekitar serta menjalin tali silaturahmi dengan saudara.

Hal itu karena kebahagiaan hidup adalah ketika kita bisa menjalani kehidupan sosial dengan baik. Hidup tidak melulu tentang uang, menjalani hidup dengan penuh kebersamaan dan saling tolong menolong terhadap sesama merupakan kebahagiaan tersendiri.

8. Buang Sifat Malas, Jadilah Orang yang Rajin
Kemalasan harus dilawan, karena kemalasan adalah akar dari kemiskinan, dan bibit dari segala kejahatan.

Memang setiap manusia pasti pernah merasa malas. Hanya saja, rasa malas itu harusnya bersifat temporary atau sementara, karena dalam satu waktu kita malas, tetapi selang beberapa waktu kemudian kita bisa kembali rajin.

Menjadi masalah besar ketika seseorang dalam waktu-waktunya dipenuhi dengan kemalasan. Sifat malas ini akan membawa kita kepada kegagalan dalam menjalani kehidupan.

Dan lebih buruk lagi dampak sifat malas ini menyebabkan hal buruk kepada kesehatan fisik maupun mental.

Apabila selama ini Anda terlalu sering malas, maka mulai dari sekarang Anda harus berhati-hati, Anda harus membakar sifat malas itu hingga akhirnya tidak ada di dalam diri Anda.

Seihingga Anda nantinya menjadi seseorang yang hidup dengan punuh energi, motivasi tinggi dan percaya diri.

Sifat pemalas ini menyebabkan seseorang akan berada dalam sebuah posisi ketidakjelasan, sehingga kehidupannya hanya berisi bebingungan dan kebimbangan.

Orang yang memiliki sifat malas maka akan kehilangan arah untuk melangkah, apabila kondisi ini dibiarkan dan berlarut-larut maka dapat merusak mental pribadinya.

Hal buruk lainnya dari penyakit sifat malas ini yaitu akan menyebabkan “penderitanya” menjadi bodoh, dimana seorang pemalas tidak pernah merasa tertantang dengan tantangan-tantangan hidup yang bermunculan setiap hari.

Seorang pemalas mempunyai ingatan yang lemah karena pikirannya jarang diasah untuk hal-hal yang menantang, selain itu seorang pemalas tentunya tidak produktif dalam hidupnya.

Orang-orang yang sukses adalah mereka yang mampu memanfaatkan waktu-waktu yang dimiliki dengan melakukan hal-hal yang berguna. Mereka dapat memanfaatkan waktu dengan sangat baik.