7 Nutrisi yang Harus Ada dalam Air Minum Anda

7 Nutrisi yang Harus Ada dalam Air Minum Anda

Kalimat “Konsumsilah makanan dan minuman bergizi” mungkin sering Anda dengar. Ya, tubuh kita membutuhkan nutrisi untuk melangsungkan metabolisme. Apapun sumber air minum Anda, baik air minum olahan hingga air galon murah harus dipastikan mengandung Nutrisi.

Nutrisi dalam Air minum

Kandungan nutrisi pada air minum berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Kadar mineral yang terkandung pada air minum bervariasi tergantung dari sumber dan pengolahannya. Sebagai contoh, air mineral kemasan bisa jadi akan lebih terjaga kandungan mineralnya dibandingkan air minum biasa. Berikut kandungan mineral dalam air minum dan fungsinya.

1.     Kalsium

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan mineral yang satu ini. Kalsium atau yang sering disingkat Ca memiliki peranan penting untuk kesehatan tulang. Kalsium adalah komponen penting dalam pembentukan tulang termasuk gigi. Untuk kesehatan jantung, kalsium berperan dalam kontraksi atau pergerakkan katup jantung sehingga peredaran darah dapat terjadi.

2.     Fluorida

Fluorida adalah mineral yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi. Fluorida efektif dalam mencegah karies gigi. Tidak heran jika fluorida menjadi salah satu komposisi penting pada pasta gigi.

3.     Magnesium

Tulang dan jantung Anda juga membutuhkan magnesium. Tubuh Anda memiliki banyak enzim yang bekerja dalam metabolisme tubuh. Magnesium sendiri diperlukan untuk memproduksi 300 jenis enzim dalam tubuh Anda.

Selain itu magnesium juga memiliki peranan penting pada sistem saraf dimana membantu pengiriman pesan atau rangsangan ke reseptor sistem saraf. Di beberapa penelitian magnesium terbukti berperan dalam terapi penyakit diabetes dan asma.

4.     Sodium

Sebagai elektrolit sodium sangat diperlukan bagi sel tubuh Anda, namun sayangnya sodium mudah hilang dalam kondisi keringat berlebih. Sehingga ketika Anda sedang berkeringat sangat dianjurkan untuk segera air galon murah.

5.     Tembaga

Tembaga memiliki fungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan antioksidan. Namun efek ini dapat terpenuhi dalam kondisi yang cukup.

6.     Selenium

Selenium berperan penting dalam fungsi antioksidan umum dan dalam sistem kekebalan tubuh. Sehingga tak heran jika Anda menemukan Selenium atau yang sering disingkat Se pada komposisi suplemen–suplemen peningkat kekebalan tubuh.

7.     Kalium

Proses biokimia dalam tubuh Anda dapat berjalan dengan bantuan kalium. Namun untuk memenuhi kebutuhan kalium dalam jumlah yang cukup Anda harus mengeluarkan uang lebih dengan membeli air mineral kemasan. Hal ini disebabkan kalium ditemukan dengan jumlah kecil pada air minum alami.

Melihat poin–poin di atas, tentu mineral dalam air putih tidak dapat diabaikan. Sehingga memastikan konsumsi air putih dengan kualitas yang baik sangat diperlukan. Karena kesehatan adalah investasi terbesar dalam hidup Anda. Sekalipun Anda lebih memilih membeli air galon murah, pastikan air tersebut memiliki kualitas yang terjamin, ya.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.