4 Cara Menghilangkan Keloid dengan Bahan Alami

4 Cara Menghilangkan Keloid dengan Bahan Alami

Keloid yang muncul akibat luka di permukaan kulit tak jarang memicu kurangnya rasa percaya diri seseorang. Pasalnya, bentuk keloid yang begitu kentara, membuat penampilan menjadi tak sesempurna sebelumnya. Namun, tenang saja, keloid ini masih bisa dihilangkan kok. Anda bisa cobakan 4 cara menghilangkan keloid berikut ini, yang menggunakan bahan alami dan mudah ditemukan.

1.      Bawang Putih

Bahan dapur satu ini tak hanya membantu melezatkan makanan, namun juga dimanfaatkan untuk kesehatan, termasuk untuk menghilangkan keloid dari permukaan kulit. Bawang putih bekerja dengan cara menghambat masuknya enzim ke area terbentuknya jaringan dan pigmen. Pengaplikasian bahan ini secara rutin, akan bisa membantu menyamarkan keloid yang muncul di permukaan kulit.

Lalu, bagaimana cara pengaplikasian bawang putih ini untuk bisa menyamarkan keloid? Anda bisa pakai 2 hingga 3 siung bawang putih, lalu haluskan. Kemudian, oleskan bawang putih halus tersebut di area keloid dan biarkan mengering hingga selama 15 menit. Terakhir, cuci bersih area keloid tersebut dengan air, lalu oleskan pelembap. Hentikan cara ini jika kulit terasa terbakar.

2.      Madu

Kandungan berupa anti peradangan yang dimiliki madu, bisa membantu mengurangi keloid yang muncul di permukaan kulit. Madu pun tak menimbulkan efek samping yang merugikan, saat digunakan untuk menghilangkan keloid. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada keloid, lalu cuci bersih saat area tersebut mulai terasa gatal. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

3.      Bawang Bombai

Tak hanya bawang putih yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, khususnya menghilangkan keloid, bawang bombai juga bisa, loh! Penggunaan bawang bombai dinilai efektif untuk menghentikan jaringan fibroblas memasuki kulit. Jaringan fibroblast ini merupakan jaringan parut, yang bertanggung jawab atas munculnya keloid di permukaan kulit.

Cara memanfaatkan bawang bombai untuk menghilangkan keloid pun terbilang mudah. Potong bawang bombai menjadi beberapa bagian kecil, masukkan dalam kain untuk diperas hingga keluar cairannya. Air perasan bawang bombai ini kemudian di oleskan ke keloid, lalu biarkan hingga mengering sebelum dicuci bersih. Lakukan cara ini secara rutin, sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

4.      Air Perasan Lemon

Bahan selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan keloid adalah lemon. Gunakan air perasan lemon untuk dioleskan pada keloid. Biarkan air tersebut mengering, setidaknya selama 30 menit, lalu bersihkan area keloid tersebut dengan menggunakan air hangat. Lemon mengandung antioksidan yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan keloid.

Itulah tadi 4 cara menghilangkan keloid dengan menggunakan bahan alami yang bisa Anda cobakan langsung di rumah. Penggunaan bahan alami ini bisa dibilang hanya untuk keloid yang ringan saja. Jika sekiranya Anda mengalami keloid yang tebal dan terlihat begitu kentara, tindakan medis khusus untuk menghilangkan keloid merupakan cara yang tepat untuk dijalani.